Vaksinasi Nakes Kategori Lansia Dimulai Hari Ini

CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 06:24 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut ada sekitar 11.600 orang nakes lansia dari target 1,5 juta nakes yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi covid-19. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksinasi Covid-19 pada kelompok lanjut usia (lansia) akan dimulai hari ini, Senin (8/2). Kelompok lansia penerima vaksin Covid-19 masih akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes).

"Kami sudah memperbaiki petunjuk teknis dan mengomunikasikan dengan jajaran Kemenkes di lapangan agar mulai besok jam 9 pagi, vaksinasi untuk orang dengan usia 60 tahun bisa dimulai dengan prioritas pertama tenaga kesehatan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam pertemuan secara daring, Minggu (7/2).

Menurut Budi, ada sekitar 11.600 orang nakes lansia dari target 1,5 juta nakes yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi pada kelompok lansia juga dianggap baik mengingat risiko kematian pada lansia terpapar Covid-19 cukup tinggi.


Mengutip data, Budi merinci dari lebih 1 juta orang positif Covid-19 di Indonesia, sebanyak 10 persen di antaranya berusia lanjut. Dari 10 persen jumlah tersebut, 50 persen di antaranya meninggal dunia.

"Jadi lansia itu risikonya tinggi," ungkap dia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah memastikan keamanan dan efektivitas vaksin Coronavac terhadap lansia. Menggunakan data uji klinis fase I, II, dan III dari China dan Brasil, ditunjukkan bahwa vaksin efektif memunculkan antibodi terhadap Covid-19.

BPOM juga telah mengeluarkan EUA terhadap pemakaian vaksin Coronavac pada 5 Februari lalu untuk usia di atas 60 tahun dengan dua dosis. Suntikan vaksin diberikan dalam selang 28 hari.

"Mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati. Kelompok lansia cenderung memiliki berbagai penyakit penyerta atau komorbid yang harus diperhatikan dalam penggunaan vaksin ini," tutur Kepala BPOM Penny K. Lukito.

(mln/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK