Daftar Vaksinasi Covid Tahap Dua: Ojol Hingga Pedagang Pasar

CNN Indonesia | Senin, 15/02/2021 13:17 WIB
Vaksinasi covid-19 tahap dua akan menyasar pelayan publik termasuk ojol dan pedagang pasar yang dimulai 17 Februari mendatang. Vaksin covid-19 tahap dua akan menyasar pelayan publik termasuk ojol dan pedagang pasar. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan untuk memulai vaksinasi covid-19 tahap kedua pada Rabu (17/2). Sebanyak 16,9 petugas pelayanan publik bakal menerima suntikan vaksin virus corona (Covid-19).

Kemenkes pun telah menetapkan kriteria kelompok petugas pelayanan publik yang menjadi penerima vaksin tahap kedua ini. Mereka di antaranya adalah pedagang pasar, tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian petugas keamanan; petugas pariwisata, hotel, dan restoran; pelayan publik yang termasuk petugas Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, dan kepala perangkat desa. Selanjutnya, pekerja transportasi publik, atlet, hingga wartawan atau pekerja media.


"Pemerintah juga memprioritaskan petugas transportasi publik yang terdiri dari petugas tiket, masinis kereta api, petugas bandara, pilot, pramugari, petugas pelabuhan, petugas Transjakarta dan MRT, sopir bus, kernet, sopir taksi dan ojek online," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (15/2).

Maxi mengatakan vaksinasi tahap kedua bakal dimulai dengan menyasar target 55 ribu pedagang pasar di Tanah Abang, DKI Jakarta. Di waktu yang sama, pemerintah juga bakal melakukan vaksinasi terhadap 21,5 juta lansia.

Target vaksinasi kedua kelompok ini dijadwalkan rampung pada Mei 2021, sehingga tahapan untuk masyarakat umum dapat dimulai Mei 2021 hingga Maret 2022 mendatang.

"Pemerintah mempercepat vaksinasi bagi lansia dengan turut menyertakan kelompok lansia dalam tahapan kedua. Tahapan ini akan berlangsung Februari dan kita harapkan dapat selesai pada bulan Mei," kata dia.

Sedangkan bila menilik data harian yang dirilis Satgas Penanganan Covid per Minggu (14/2) sebanyak 1.068.747 tenaga kesehatan rampung menjalani vaksinasi dosis pertama, sementara 425.578 tenaga kesehatan lainnya menerima suntikan dosis kedua.

Perihal vaksinasi, pemerintah menargetkan akan menyuntik sebanyak 181,5 juta penduduk Indonesia.

Adapun target penyuntikan vaksin terhadap 60-70 persen dari total penduduk Indonesia dimaksudkan agar mampu memenuhi target herd immunity atau menciptakan kekebalan kelompok terhadap sebuah virus.

(khr/pris)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK