Viral Ratusan Petani Tuban Borong Mobil Mewah

CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 18:58 WIB
Warga di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban beramai-ramai membeli mobil baru usai menerima uang pembebasan lahan kilang minyak. Ilustrasi. (Antara/ Aditya Pradana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah warga di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur berbondong-bondong membeli mobil mewah pada Minggu (14/2).

Para warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani tersebut mendadak kaya setelah menerima pembayaran pembebasan lahan dari Pertamina untuk proyek New Grass Root Refinery (NGRR).

[Gambas:Video CNN]


Kepala Desa Sumergeneng, Gianto mengatakan setidaknya ada 225 warga yang menerima pembayaran pembebasan lahan. Kebanyakan dari mereka adalah petani.

"Tanah di Sumergeneng dihargai Rp600-800 ribu per meter oleh Pertamina," ujar Gianto dalam tayangan di CNNIndonesia TV, Selasa (16/2).

Paling tinggi para petani yang menerima uang pembebasan lahan bahkan mencapai Rp26 miliar.

Sementara itu, diketahui, para petani yang membeli mobil mewah adalah kloter terakhir penerima pembayaran dari pembebsan lahan. Sebab sebelumnya mereka sempat menolak tawaran pembebasan dari Pertamina.

"Itu memang sama temen-temennya atau kelompoknya itu yah pencairan terakhir yang lewat konsinyasi ngambilnya di PN itu bersamaan terus mereka merencanakan untuk membeli mobil juga bersamaan," ucapnya.

Gianto menyebut ada 17 truk masuk ke desa tersebut membawa mobil mewah yang dibeli langsung dari Surabaya.

(yla/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK