KPU Medan Tetapkan Bobby Jadi Wali Kota, Akhyar Tak Hadir

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 18:11 WIB
Agenda penetapan Bobby dihadiri pejabat KPU, Bawaslu, Kepala Kejari Medan, dan Kapolrestabes Medan. Namun pasangan Akhyar-Salman tak hadir meski diundang KPU. Mantu Jokowi, Bobby Nasution. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menetapkan mantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang berpasangan dengan kader Gerindra Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih periode 2021-2024 dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Hotel Arya Duta, Kamis (18/2).

Ketua KPU Medan, Agussyah Damanik menyebutkan setelah rapat pleno terbuka, tahap berikutnya akan diserahkan ke DPRD Medan. Nantinya DPRD Medan akan melakukan sidang paripurna dan mengusulkan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih ke Mendagri melalui Gubernur Sumut.

"Memutuskan, menetapkan Muhammad Bobby Afif Nasution - Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih dengan perolehan suara 393.327 pada Pilkada Medan serta partai pengusung PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, PSI," ucap Agussyah.


Terpisah, Komisioner KPU Medan, Nana Miranti menyebutkan pihaknya juga telah mengundang pasangan calon Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dalam rapat pleno terbuka penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tersebut. Akan tetapi keduanya tidak tampak hadir.

"Jadi kedua pasangan calon yang ikut Pilkada kemarin juga diundang pada acara penetapan. Sedangkan untuk urusan pelantikan, bukan lagi wilayah KPU. Nanti pihak Kemendagri dan Pemprov Sumut yang lebih tahu," urainya.

Dalam kesempatan itu, Bobby - Aulia tampak kompak mengenakan kemeja putih. Rapat pleno tersebut tak hanya dihadiri oleh Bobby - Aulia, tapi juga para pimpinan partai politik pengusung dan pendukung serta tim pemenangan. Akan tetapi, rival mereka yakni pasangan Akhyar Nasution - Salman Alfarisi tidak hadir meski telah diundang oleh KPU.

Selain jajaran KPU Medan, rapat pleno juga dihadiri para komisioner Bawaslu Medan, Ketua DPRD Medan, Sekda Kota Medan, Kepala Kejaksaan Negeri Medan, Kapolrestabes Medan, dan lainnya.

Diketahui, penetapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi RI (MK) memutuskan Perselisihan Hasil Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020 yang dimohonkan Akhyar Nasution - Salman Alfarisi gugur.

Kemudian Akhyar Nasution resmi dilantik menjadi Wali Kota Medan definitif sisa masa jabatan 2016 - 2021. Pelantikan itu digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Medan pada Kamis 11 Februari 2021. Namun Akhyar hanya menjadi Wali Kota Medan hingga 17 Februari 2021. Sebab masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2016-2021 berakhir 17 Februari 2021.

(frd/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK