Cuaca Ekstrem hingga Sabtu, Warga DKI Diminta Tetap Waspada

CNN Indonesia | Jumat, 19/02/2021 20:50 WIB
Pemprov DKI Jakarta memastikan akan bersiaga dan mempercepat penanganan di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan maupun banjir. Ilustrasi hujan lebat. (Istockphoto/Yury Karamanenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga Sabtu (20/2). Warga diminta tetap waspada potensi banjir.

Plt Kepala BPBD DKI, Sabdo Kurnianto mengatakan peringatan dini juga telah dikeluarkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Masyarakat diimbau waspada, Pemprov DKI Jakarta juga akan bersiaga dan mempercepat penanganan di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan maupun banjir," kata Sabdo dalam keterangan tertulis, Jumat (19/2).


Sabdo mengatakan hujan deras yang melanda Jakarta sejak Kamis (18/2) malam merata mengguyur wilayah Ibu Kota. Berdasarkan hasil pantauan satelit milik LAPAN, prediksi hujan dan angin pada ketinggian 850 mb (1,5 km) masih berlangsung pada Jumat (19/2) sore.

"Kami mengimbau masyarakat tetap waspada, karena diprediksi cuaca ekstrem juga terjadi hingga esok hari, 20 Februari 2021," ujar Sabdo menambahkan.

Sabdo memastikan Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan personel dengan menggunakan pompa mobile untuk mempercepat penyedotan air di kawasan pemukiman dan jalan raya yang terdampak genangan. Pemantauan dan pengoperasian Pintu Air juga terus dilakukan untuk memastikan tidak ada hambatan dalam mengalirkan air.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusmada Faizal sebelumnya menyebutkan curah hujan ekstrem di Jakarta menyebabkan genangan, bukan banjir. Yusmada mengatakan, curah hujan di berapa titik Jakarta pada Kamis (18/2) hingga Jumat (19/2) pagi sempat mencapai kondisi ekstrem.

Yusmada juga menyampaikan, untuk dua hingga tiga hari ke depan potensi hujan ekstrem masih ada. Oleh karena itu, pihaknya meminta seluruh warga Jakarta waspada.

"Penting untuk semua kita perlu waspada. Tentu kami Pemprov bersama unsur yang lain TNI-Polri tetap dalam kondisi siaga untuk menanggulangi kejadian-kejadian genangan," pungkasnya.

Pada Jumat (19/2), 99 RT di Jakarta Timur dan Barat terendam banjir. Untuk wilayah Jakarta Barat meliputi 3 kelurahan, terdiri atas 3 RW dan 3 RT, namun tidak ada pengungsi. Sedangkan, untuk wilayah Jakarta Timur, banjir meliputi 9 kelurahan, terdiri atas 31 RW dan 96 RT.

(dmi/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK