Survei Capres: Prabowo Teratas, Ganjar-Anies Bersaing Ketat

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 16:52 WIB
Dalam survei terbaru LSI, Prabowo Subianto mengantongi elektabilatas tertinggi dibanding nama lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga Ahok. Survei LSI menempatkan Menhan Prabowo Subianto unggul di antara kandidat presiden 2024, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga Ahok. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas paling tinggi di antara para kandidat presiden 2024. Elektabilitas Prabowo jauh di atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Dalam simulasi semi terbuka, elektabilitas Prabowo mencapai 22,5 persen. Di posisi kedua, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat keterpilihan 10,6 persen.

"Pak Prabowo yang unggul 22,5 persen. Menyusul kemudian Ganjar dan Anies, boleh kita sebut sama posisinya," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers daring, Senin (22/2).


Di bawah Ganjar, Anies menempel tipis dengan 10,2 persen. Mantan rival Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017, Ahok di tempat keempat dengan elektabilitas 7,2 persen.

Pada simulasi 14 nama, Prabowo masih perkasa dengan tingkat keterpilihan 25,3 persen. Lalu ada Ganjar Pranowo dengan 14,7 persen dan Anies Baswedan dengan 13,1 persen.

Saat pilihan dikerucutkan jadi sepuluh nama, Prabowo pun tetap tak tersentuh. Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki elektabilitas hingga 26 persen.

Di bawah Prabowo, Ganjar dan Anies tetap bersaing ketat. Elektabilitas Ganjar sebesar 15,4 persen, sedangkan elektabilitas Anies 13,3 persen.

"Nama-nama ini memang untuk sementara urutannya belum berubah. Nomor satu Prabowo, diikuti Ganjar, Anies, Sandi, Ridwan Kamil," ujarnya.

Survei LSI kali ini melibatkan 1.200 orang responden yang dipilih lewat metode multi stage random sampling. Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2021. Penelitian ini menerapkan margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK