Pemprov DKI Minta Hotel-Restoran Tutup Parkiran Basement

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 04:15 WIB
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria, meminta pengelola hotel ataupun restoran wajib menyediakan tempat tinggi untuk area parkir kendaraan. Puluhan rumah di Kelurahan Bangka, RT 10/RW 03, Kemang, Jakarta Selatan, terendam banjir akibat curah hujan tinggi selama beberapa hari. Minggu (21/2/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta pengelola hotel dan restoran untuk tidak membuka parkiran kendaraan di area basement selama cuaca ekstrem. Imbauan ini sebagai antisipasi atas curah hujan yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan hal tersebut sebagai respons atas banyaknya kendaraan yang terendam banjir di Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (20/2).

"Untuk memastikan tidak ada lagi kendaraan yang berada di basement atau di depan hotel, depan restoran dan sebagainya apabila daerah tersebut berpotensi banjir," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (23/2).


Menurut dia, pengelola hotel ataupun restoran harus menyediakan tempat tinggi untuk area parkir kendaraan. Terlebih, dalam beberapa hari ke depan sejumlah wilayah Jakarta masih berpotensi banjir akibat cuaca ekstrem.

Riza mengakui jika beberapa wilayah Jakarta masih berpotensi terendam banjir. Hal ini seiring dengan peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa hujan lebat yang berpotensi banjir dan longsor akan melanda Jakarta pada Selasa dan Rabu, 23-24 Februari 2021. Riza meminta warga Jakarta untuk tetap waspada.

"Mari kita semua seluruh masyarakat di daerah-daerah yang berpotensi banjir, apabila hujan ekstrem untuk lebih hati-hati, lebih teliti memastikan keselamatan jiwa," ujarnya.

"Juga kami dari BPBD juga telah menyiapkan titik-titik pengungsian. Mudah-mudahan kerja sama yang baik selama ini bisa kita tingkatkan pada hujan ekstrem satu dua hari ke depan, dan seminggu ke depan," kata Riza menambahkan.

Selain itu, Riza juga meminta agar orang tua terus mengawasi putra putrinya selama banjir. Hal ini tak terlepas dari insiden tewasnya lima orang akibat banjir di Jakarta. Empat dari lima orang tewas tersebut merupakan anak-anak.

"Jangan sampai ada lagi korban jiwa, khususnya bagi anak-anak. Kami minta orang tua dan ibu-ibu untuk mengajak anak-anak tidak hanya yang balita tetapi anak-anak remaja yang berusia 7 sampai 11, 12 tahun untuk tidak bermain hujan, berenang di tempat-tempat banjir yang ada di beberapa titik yang ada di Jakarta," kata dia.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK