Jokowi Sebut RI Salah Satu Negara Beruntung di Tengah Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 22:02 WIB
Presiden Jokowi menyebut Indonesia salah satu negara yang beruntung karena lebih dulu mengamankan vaksin saat negara lain masih saling berebut. Presiden Joko Widodo. (Lukas - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia jadi salah satu negara yang beruntung di saat pandemi Covid-19. Ia berkata Indonesia telah mengamankan vaksin saat negara lain masih memperebutkannya.

Jokowi menyampaikan hal itu berkat kerja keras diplomasi vaksin Indonesia. Ia menyebut pemerintah telah bergerak mencari vaksin sejak awal pandemi.

"Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung. Kita ini beruntung. Dari awal pandemi, kita sudah bergerak mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita, Indonesia," kata Jokowi saat membuka International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic secara daring, Selasa (23/2).


Jokowi menyebut Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang melaksanakan vaksinasi. Indonesia sudah memulai penyuntikan vaksin sejak 13 Januari 2021.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali menyampaikan target pemerintah untuk menyelesaikan vaksinasi akhir tahun ini. Ia yakin target itu bisa tercapai.

"Ini memang tantangan yang berat. Namun, kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai target tersebut," tutur Jokowi.

Di saat yang sama, sambungnya, pemerintah meningkatkan penanganan pandemi dengan penerapan PPKM Mikro. Jokowi juga memastikan pemerintah menggenjot upaya tes, lacak, dan rawat (3T).

Ia berharap masyarakat bisa membantu upaya penyelesaian pandemi. Jokowi meminta masyarakat tak lengah meski vaksinasi telah dimulai.

"Ketersediaan vaksin bukan berarti menyelesaikan masalah. Kita tetap harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan terus melakukan testing, tracing, dan treatment," ucapnya.

(dhf/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK