Wali Kota Solo Terpilih Gibran Dilantik Virtual 26 Februari

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 17:12 WIB
Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dilantik bersama wakilnya Teguh Prakosa secara virtual 26 Februari 2021. Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik 26 Februari. (Foto: ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Solo, CNN Indonesia --

Pelantikan Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka bersama wakilnya, Teguh Prakosa dijadwalkan 26 Februari mendatang pukul 08.00 WIB di gedung DPRD Solo Kecamatan Laweyan, Solo.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemerintah Kota Solo, Wahyu Kristina mengatakan, perubahan tempat tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Ina, ada empat agenda terkait pelantikan Gibran-Teguh sebagai kepala daerah.


"Sesuai rencana dari provinsi, untuk efektivitas acara maka itu semua diselenggarakan dalam satu rangkaian di Gedung DPRD," kata Ina saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/2).

Empat agenda tersebut yaitu pelantikan wali kota dan wakil wali kota baru yang dilaksanakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD untuk menyaksikan pidato perdana Gibran sebagai wali kota.

Awalnya, Gibran dan Teguh dilantik secara virtual di Balai Tawangarum, Kompleks Balaikota Solo, Jumat (26/2). Sementara tiga agenda lainnya dijadwalkan di Gedung DPRD pada 1 Maret mendatang. Namun rencana itu urung dilakukan.

"Dulu kan rencananya seperti itu. Tapi dari pada harus dua kali kegiatan, maka provinsi membuat surat untuk efektivitas pelaksanaan ya dirangkai jadi satu," katanya.

Ina menjelaskan, nantinya acara pelantikan hanya menghadirkan 25 tamu undangan termasuk pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih bersama istri masing-masing.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), KPU, Bawaslu, Pelaksana Harian (PLH) Wali Kota Ahyani beserta istri, mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo beserta istri, dan mantan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo beserta istri.

Rencananya, acara pelantikan berlangsung dari Pukul 08.00-09.30 WIB.

"Selanjutnya akan disambung dengan rapat paripurna dan sertijab yang diikuti oleh semua anggota DPRD," katanya.

Ina mengaku pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota kali ini memerlukan persiapan lebih. Pasalnya, pelantikan dilaksanakan secara virtual.

Pihaknya akan mengadakan gladi bersih di Gedung DPRD, sehari sebelum pelaksanaan untuk memastikan semua berjalan lancar yang diikuti 17 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada 2020 lalu.

"Nanti pelantikannya sama (semua daerah), kita hanya menunggu giliran. Hanya bedanya Pak Gubernur berkenan untuk menyaksikan sertijabnya Kota Surakarta," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (PLH) Wali Kota Solo, Ahyani menjelaskan, dalam kondisi normal, pelantikan Wali Kota Solo seharusnya dilaksanakan oleh Gubernur Jawa Tengah di Semarang. Beberapa hari kemudian, Wali Kota baru akan menjalani sertijab di Gedung DPRD.

"Sertijab itu dilanjutkan dengan pidato perdana di depan anggota dewan dalam bentuk rapat paripurna," katanya.

(syd/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK