Kapolri Lantik Komjen Agus Andrianto Jadi Kabareskrim

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 14:45 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit melantik Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim dan memberi pesan agar mewujudkan hukum yang adil. Komisaris Jenderal Agus Andrianto (tengah) ditunjuk Kapolri menjadi Kabareskrim Polri. (CNN Indonesia/Farida)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik Komisaris Jenderal Agus Andrianto sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Pelantikan itu dilakukan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta pada Rabu (24/2) dan disaksikan oleh beberapa pejabat utama (PJU) di lingkungan Mabes Polri.

Listyo dalam amanatnya meminta agar Kabareskrim yang baru ditunjuk dapat memastikan penegakan hukum yang menciptakan keadilan di tengah masyarakat. Dia tak ingin mendengar ada keluhan hukum tajam hanya ke bawah.


"Tolong betul-betul mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan," kata Listyo kepada Agus yang menggantikan dirinya sebagai Kabareskrim.

Adapun pejabat lain yang turut dilantik oleh Listyo hari ini ialah Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam); Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza; Kepala Badan Intelijen (Kabaintelkam) Polri Irjen Paulus Waterpaw.

Selanjutnya melantik Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugianto; Kadivkum Polri Brigjen Suryanbodo Asmoro; Asrena Polri Irjen Wahyu Hadiningrat; dan Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Fiandar.

Para pejabat baru itu menandatangani berita acara pelantikan usai membacakan sumpah di hadapan Listyo.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya," kata Listyo mendiktekan sumpah jabatan yang harus diikuti pejabat dilantik.

Sebagai Kabareskrim baru, Agus berkomitmen menuntaskan kasus-kasus yang menarik perhatian publik, termasuk soal bentrok antara polisi dengan Laskar FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Desember tahun lalu.

Dia mengatakan, Bareskrim bakal mengikuti segala kebijakan dan program-program yang telah dipersiapkan Listyo.

Agus, sebagai anak buah Listyo, mengaku akan senantiasa mengikuti arah kebijakan yang dicanangkan Listyo dalam memimpin Korps Bhayangkara.

(mjo/psp)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK