Bentrok Warga di Ambon, Satu Motor Dibakar

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 06:31 WIB
Satu unit motor terbakar, dan seorang dilaporkan terluka saat bentrok warga di Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Ilustrasi. (iStockphoto/tzahiV)
Ambon, CNN Indonesia --

Bentrok antar warga di Ambon terjadi Minggu (28/2) malam di dekat kantor Dinas Perhubungan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Dalam kejadian itu, satu unit sepeda motor dibakar dan satu orang dilaporkan terluka.

Wakapolres Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease AKBP Heri Budianto mengatakan aparat kepolisian dan TNI diterjunkan untuk meredakan ketegangan antar dua kelompok warga, dan mencegah bentrok meluas.

Petugas, sambung dia terbagi dua bagian yakni satu personel fokuskan di perbatasan warga di sekitar Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dan sebagian lagi di wilayah Pohon Mangga.


"Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pemuda Pohon Mangga katanya anggota mereka dipukul oleh kelompok warga di sekitar kantor Dinas Perhubungan," kata Heri di lokasi bentrok, Minggu (28/2) malam.

Muhamad Nur (45), warga air Salobar mengatakan per Minggu (28/2) sore warga menegur sepeda motor yang dianggap bising.

Mereka, kata Ismail yang ditegur itu tak menerima dan langsung melakukan pemukulan terhadap warga. Korban pemukulan dan warga kemudian membakar sepeda motor.

"Mereka sempat ditegur, namun mereka bilang sedang mengantar mobil jenazah, setelah dicek ternyata mobil jenazah tidak ada, warga pun menyetop dan meminta pelan-pelan, namun warga dipukul hingga terluka," ucap Ismail kepada wartawan, Minggu (28/2) malam.

Pantauan CNNIndonesia,com. Minggu (28/2) malam aparat sempat mengeluarkan tembakan untuk membubarkan massa bentrok di jalan dr Malailoho, Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Warga yang mendengar tembakan itu sempat kocar-kacir. Selang beberapa menit, aparat TNI mencegat massa dari arah Dinas Perhubungan yang ingin menyelamatkan sepeda motor mereka yang dibakar warga di pohon Mangga.

"Kalian mundur, yang bukan anggota mundur, kalau kalian di sini bentrok tak akan selesai, mundur mundur,"pinta anggota TNI.

Satu sepeda motor yang terbakar di tengah jalan juga telah dievakuasi TNI ke pinggir jalan, untuk membuka akses jalan yang sempat tertutup total akibat bentrok tersebut.

(sai/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK