Vaksinasi Covid Lansia Bisa Pakai Sistem Drive Thru

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 11:25 WIB
Kemenkes menyatakan vaksinasi lansia bisa menggunakan sistem drive thru. Namun, sistem ini hanya ada di beberapa Kota Besar seperti Jakarta. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sistem 'drive thru'. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan vaksinasi tahap kedua yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di DKI Jakarta dapat dilaksanakan dengan sistem drive thru atau layanan tanpa turun (Lantatur) mulai 3 Maret mendatang.

Upaya itu diharapkan mampu mengurangi transmisi virus corona (covid-19) saat lansia mengantre di beberapa fasilitas kesehatan. Sebab lansia merupakan kelompok rentan tertular covid-19.

"Iya, betul di DKI, dan di beberapa kota tertentu ya," kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (1/3).


Namun demikian, Nadia tak menyebutkan secara rinci kota mana saja yang bakal menerapkan mekanisme vaksinasi serupa. Nadia sekaligus menjelaskan nantinya vaksinasi drive thru ini akan bekerjasama dengan beberapa pihak pengembang aplikasi. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes ini pun menjelaskan nantinya mekanisme kendaraan untuk drive thru juga bakal disokong asal harus melalui pendaftaran terlebih dahulu.

"Karena ini kerja sama ya, maka harus mendaftar dulu," kata dia.

Vaksinasi Covid-19 drive thru bagi lansia rencananya akan dilaksanakan di Parkir Hall C Jakarta Internasional Expo (JIExpo). Lansia yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 ini harus mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Gagasan soal vaksinasi lansia drive thru ini sebelumnya sempat diutarakan oleh Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami.

Satgas NU menilai upaya itu perlu dilakukan guna meminimalisir penularan covid-19 terhadap lansia saat mereka harus mendatangi fasilitas kesehatan yang menjadi salah satu tempat rawan penularan virus corona.

(kha/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK