SATU TAHUN CORONA DI INDONESIA

Wamenkes soal 1 Tahun Pandemi: Tiada yang Tahu Kapan Berakhir

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 13:31 WIB
Wamenkes Dante Saksono meminta seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam berupaya menekan transmisi virus corona di Indonesia. Ilustrasi. Pandemi covid-19. (Photo by STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan sejauh ini tidak ada pihak yang dapat mengetahui kapan pandemi virus corona (Covid-19) akan berakhir. Bahkan menurutnya ada saja kemungkinan bahwa pandemi covid-19 ini tidak akan pernah usai.

Kondisi itu menurutnya akan membuat masyarakat menjalani kehidupan tatanan baru alias new normal. Sebuah tatanan kehidupan yang mewajibkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dari memakai masker hingga menjaga jarak.

"Kita tidak pernah tahu kapan proses pandemi ini akan selesai atau mungkin tidak akan pernah selesai. Sehingga kita masuk pada tatanan baru dimana kita harus hidup secara manusia dengan modal yang kita lakukan sekarang," kata Dante dalam acara yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).


Dante pun meminta seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam menekan transmisi virus corona di Indonesia. Ia juga menyebut bilamana pemerintah dan warga berhasil melandaikan kasus virus corona di Indonesia, maka tak menutup kemungkinan pandemi covid-19 akan berubah menjadi endemik di Indonesia.

Endemik merupakan penyakit yang muncul pada negara atau wilayah tertentu yang spesifik dalam rentang waktu tertentu, biasanya bertahan hingga hitungan tahun. Contohnya cacar air atau malaria.

Namun demikian, upaya itu menurutnya dapat terwujud asalkan pemerintah mampu memperkuat strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T), sementara masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan 3M.

"Kalau itu bisa berjalan, maka proses pandemi yang ada sekarang dilakukan dengan menggunakan vaksin akan menjadi endemik, kejadian lokal. Kalau endemik terjadi, maka akan terjadi eradikasi atau pemberantasan penyakit," jelasnya.

Dante pun mengaku pandemi covid-19 yang genap setahun menjangkit Indonesia telah memberikan beberapa pelajaran. Ia pun optimis penanganan wabah global itu akan lebih baik pada tahun ini.

"Kita berulang tahun hari ini, satu tahun covid-19. Tapi kita tidak ingin berulang tahun lagi untuk tahun depan, mudah-mudahan ini bisa menjadi stimulasi kita untuk saling berkolaborasi," pungkas Dante.

(khr/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK