Menkes Target Vaksinasi 1 Juta orang Sehari Bisa Dimulai Juni

CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 14:22 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin percaya Indonesia bisa melakukan vaksinasi 1 juta orang dalam sehari pada Juni mendatang. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Kris - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mematok target vaksinasi Covid-19 terhadap satu juta orang dalam sehari bisa dimulai pada Juni 2021.

Budi menyebut target itu telah disesuaikan dengan rencana kedatangan beberapa merek vaksin ke Indonesia dengan total 426 juta dosis vaksin. Rinciannya, 90 juta dosis vaksin tiba periode Januari-Juni 2021, sementara sisanya baru tiba periode Juli-Desember 2021.

"Saya minta di Maret-April 500 ribu orang divaksin, Juni-Juli baru sejuta karena ketersediaan vaksinnya di Juni-Juli baru bisa 25 juta sebulan. Sejuta sehari kan 30 juta sebulan, sebelumnya kita tidak ada vaksinasi sebanyak itu," kata Budi saat memberikan sambutan dalam acara vaksinasi drive thru, Jakarta, Rabu (3/3).


Untuk saat ini, Budi menyebut pemerintah sedang mengendalikan laju vaksinasi virus corona untuk menjaga ketersediaan vaksin. Ia mengakui ketersediaan vaksin masih menjadi masalah Indonesia. Namun hal serupa juga dialami banyak negara lain.

Budi mengatakan pada kuartal I ini pemerintah sudah belajar melakukan vaksinasi dengan sasaran yang banyak dalam sehari.

"Kita mulai dari 10 ribu, diejekin oleh seluruh dunia, dibilang 10 ribu 10 tahun prosesnya. Kemarin kita tembus 100 ribu diejekin mungkin 5 tahun, kemarin 200 ribu orang. Ada yang bertanya, saya jawab sebaiknya kita tidak usah cepat-cepat juga," jelasnya.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu pun meminta kesadaran warga untuk aktif dalam program vaksinasi. Sebab menurutnya vaksinasi merupakan program kolektif bukan individu saja.

Vaksinasi, kata Budi, merupakan upaya untuk mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona. Indonesia menargetkan 60-70 persen rakyat atau sebanyak 181,5 juta penduduk Indonesia divaksin.

Target vaksinasi sejuta sehari juga sempat diutarakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 21 Januari lalu. Jokowi yakin Indonesia bisa melakukannya karena punya modal layanan kesehatan yang baik.

Jokowi mengklaim ada 30 ribu vaksinator di Indonesia. Para petugas vaksin itu, kata Jokowi, telah terbiasa melakukan imunisasi setiap tahun.

(khr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK