Jokowi Minta Perguruan Tinggi Tak Berada di Menara Gading

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 17:20 WIB
Presiden Jokowi ingin perguruan tinggi menjadi menara air yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Presiden Joko Widodo meminta perguruan tinggi tak menjadi menara gading, tetapi menari air. (Muchlis - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi tidak menjadi menara gading. Ia ingin setiap kampus memperhatikan dan berkontribusi untuk masyarakat sekitar.

Jokowi mengingatkan masih banyak masyarakat yang miskin dan terbelakang. Menurutnya, perguruan tinggi harus berperan membantu kelompok itu.

"Perguruan tinggi tidak berada di menara gading, tapi harus memfungsikan diri sebagai menara air. Di mana hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan kampus harus langsung dirasakan oleh masyarakat," kata Jokowi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3).


Jokowi meminta perguruan tinggi aktif membangun dan memperluas jejaring. Ia menekankan kampus harus berjejaring dengan dunia industri.

Menurut Jokowi, langkah itu bisa membuka berbagai peluang bagi perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat.

"Agar mampu menghasilkan penelitian dan inovasi-inovasi yang memiliki nilai tambah bagi kualitas hidup masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menitipkan pesan agar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengambil peran tersebut. Ia berharap Untirta dapat berkontribusi bagi masyarakat Banten.

"Harus berperan sebagai lokmotif kemajuan di provinsi Banten, sebagai pelopor lompatan kemajuan, dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas, membuka diri seluas-luasnya terhadap hal-hal yang baru," ucap Jokowi.

(dhf/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK