Pemerintah Pastikan Vaksin Sinovac Ampuh Lawan Corona B117

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 17:28 WIB
Pemerintah meminta warga tidak perlu khawatir lagi terhadap penyebaran mutasi virus yang baru terdeteksi terhadap dua warga Indonesia. Satgas Covid-19 memastikan vaksin virus corona ampuh menangkap mutasi corona B117. Ilustrasi (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memastikan vaksin Covid-19 asal perusahaan China, Sinovac ampuh menangkal mutasi virus SARS-CoV-2 B117 yang telah teridentifikasi masuk ke Indonesia.

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sendiri telah dimulai sejak 13 Januari lalu. Program tersebut akan menyasar 181,5 juta penduduk untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif melawan mutasi Covid-19 asal Inggris B117," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (4/3).


Dengan kabar itu, Wiku meminta warga tidak perlu khawatir lagi terhadap penyebaran mutasi virus yang baru terdeteksi terhadap dua warga Indonesia. Meski demikian, Wiku meminta masyarakat tetap serius mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurutnya, masyarakat tak boleh lengah dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19 lantaran corona B117 dinilai memiliki kemampuan menular lebih cepat.

"Kami meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19," jelasnya.

Hal serupa juga dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Pada Selasa (2/3) lalu, Budi mengaku hingga saat ini belum ada jurnal terkemuka di dunia yang memuat hasil riset para ahli tentang pengaruh mutasi virus B117 terhadap kemanjuran vaksin.

Namun, Ketua Tim Riset Uji Klinis Covid-19 Sinovac dari Universitas Padjadjaran Kusnandi Rusmil mengatakan mutasi virus sudah terlalu jauh dari sifat virus yang asli maka ada kemungkinan vaksin tak lagi efektif untuk menangkal virus corona.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad itu menjelaskan bahwa mutasi virus Inggris itu tidak lebih ganas, namun kecepatan penularannya memang diakuinya tinggi.

(khr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK