Anies Ingatkan Pemain Skateboard Taat Prokes & Main di Taman

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 01:43 WIB
Alih-alih beraktivitas di manapun, para pemain skateboard diminta memanfaatkan fasilitas skaterpark yang sudah disediakan di beberapa titik di DKI Jakarta. Gubernur Anies dan Wagub Riza mengingatkan pemain skateboard untuk bisa memanfaatkan taman bermain khusus atau skaterpark yang sudah disediakan di Ibu Kota. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan siapapun yang ingin bermain skateboard alias papan seluncur beroda untuk bisa memanfaatkan skatepark.

Menurut dia, sudah ada banyak taman yang khusus mengakomodasi aktivitas bermain skateboard. Pesan ini disampaikan Anies usai menerima skateboarder Satria Vijie di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/3).

"Di Jakarta sekarang Alhamdulillah sudah banyak Skate Park, kami kepengin teman-teman memanfaatkan Skate Park-nya. Di situ kesempatan teman-teman untuk berinteraksi bikin kegiatan yang positif, ketemu teman-teman dari banyak tempat," kata Anies di hadapan Satria Vijie.


"Jadi bukan sekadar main skateboard-nya, tapi juga pertemanan yang tumbuh di tempat ini. Dan kami pengen Skate Park ini nantinya bisa membuat orang Jakarta merasa Jakarta buat semua. Karena kalau sudah main skateboard itu lintas apapun ada di tempat itu," sambung dia lagi.

Anies pun mengingatkan, di tengah pandemi Covid-19, setiap kegiatan di luar rumah harus taat protokol kesehatan. Termasuk ketika bermain skateboard. "Silakan main skateboard tapi masker jangan lewat dipakai, jaga jarak juga dipakai. Insyaallah dengan begitu, mainnya dapat sehatnya juga dapat," kata dia.

Anies menginginkan warga DKI Jakarta termasuk para skater memanfaatkan setiap fasilitas di Ibu Kota sesuai fungsinya.

"Pokoknya teman-teman, nikmati Jakarta, manfaatkan semua fasilitasnya, bangun perasaan pertemanan dan persaudaraan, Insyaallah Jakarta terasa jadi kota bagi semuanya," pungkas Anies.

Sebelumnya beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang petugas Satpol PP menertibkan beberapa pemuda dengan skateboard di trotoar kawasan Thamrin.

Salah seorang pemuda mengaku baru datang ke lokasi dan akan pulang. Tapi petugas meminta mereka untuk ikut dan menyatakan bakal menyita skateboard milik pemuda. Saat diajak petugas untuk ikut, pemuda itu tampak menolak.

Sejumlah orang bermain skateboard di trotoar di kawasan jalan Thamtrin, Jakarta Pusat. Rabu (10/2/2021). CNN Indonesia/Andry NovelinoSejumlah orang bermain skateboard di trotoar di kawasan jalan Thamtrin, Jakarta Pusat. Rabu (10/2/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Satria mengingatkan aktivitas skateboard sebenarnya tak boleh dilakukan di trotoar.

"Olahraga skateboard itu di trotoar tidak boleh, kan ada tempat yang sudah disiapkan. Pemprov siapkan, Pemerintah Pusat di Senayan juga disiapkan. Jadi kalau disitu banyak warga yang keberatan, protes," terang Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/3) malam.

Merespons peristiwa tersebut, menurut dia, Satpol PP memang bertugas menertibkan kegiatan yang melanggar aturan. Riza menjelaskan, yang dilakukan petugas saat itu semata-mata untuk kepentingan publik.

"Untuk memastikan keselamatan warga, yang bersangkutan, maupun warga yang lain. Termasuk yang tidak pakai masker, jadi sebetulnya masalahnya demikian. Kebetulan viral, ya memang di situ ada pelanggaran," papar dia.

Namun begitu untuk ke depannya Riza tetap meminta Satpol PP tetap mengawasi dan menertibkan secara persuasif.

"Secara baik ya, nanti kita akan sinergi kan kembali dan tentu kami butuh dukungan masyarakat untuk patuh dan taat," ucap dia.

Adapun di DKI Jakarta, beberapa tempat bermain atau skatepark yang disediakan pemerintah kota antara lain Kalijodo, Dukuhatas, kolong flyover Slipi, dan kolong flyover Pasar Rebo.

(yoa/nma)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK