Demokrat AHY Tegaskan Peserta KLB Bukan Pemilik Suara

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 07:54 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, peserta yang hadir dalam KLB hanya kader biasa atau mantan kader. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. (Arsip Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

DPP Partai Demokrat membantah klaim mantan kader yang menyebut Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat dihadiri 1.200 pemilik suara sah. Mereka yang hadir disebut bukan pemilik suara sah.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, peserta yang hadir dalam KLB itu kebanyakan hanya kader biasa atau mantan kader.

"Kenyataannya, yang hadir bukanlah pemilik suara. Melainkan hanya kader atau mantan kader yang dibuat seakan-akan pemilik suara sah dan mewakili kota, kabupaten, atau provinsi tertentu," kata Herzaky saat dihubungi, Jumat (5/3).


Menurut Herzaky, banyak bukti dan pengakuan dari kader yang tidak memiliki suara mendapat tawaran insentif politik uang asalkan bersedia hadir dan akan dianggap mewakili kabupaten/kota dan provinsi itu.

Selain itu, menurut Herzaky, KLB yang dimotori oleh Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) juga menggunakan cara-cara yang tak lazim. Herzaky mengatakan, banyak pemilik suara sah yang mendapat ancaman apabila tak hadir dalam KLB.

"Berdasarkan penuturan para kader dan pemilik suara sah yang diancam karena menolak hadir, merupakan bentuk kesewenang-wenangan oknum kekuasaan yang menyalahgunakan kekuasaan dan kemampuan finansialnya untuk merebut paksa kursi Ketua Umum PD dari Ketua Umum PD yang sah berdasarkan hasil Kongres V Tahun 2020," ungkapnya.

Mantan kader Partai Demokrat, Darmizal menyatakan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat akan digelar hari ini, Jumat (5/3).

Ia mengklaim KLB itu akan dihadiri sekitar 1.200 orang yang berasal dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat di seluruh Indonesia.

Darmizal mengatakan agenda utama KLB akan memilih dan menetapkan ketua umum baru Partai Demokrat. Ia mengklaim kader-kader berharap Partai Demokrat akan kembali kepada kejayaannya dengan terpilihnya ketua umum baru. Ia bahkan menargetkan Demokrat menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan dinakhodai oleh ketum baru.

(dmi/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK