Hesti Sutrisno, Wanita Bercadar Pemilik 70 Anjing Liar

CNN Indonesia | Minggu, 14/03/2021 09:44 WIB
Hesti Sutrisno, seorang pecinta di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menampung 70 anjing di shelter miliknya yang kembali mendapat penolakan warga. Hesti Sutrisno pemilik shelter anjing liar yang tuai polemik warga di Bogor. (Foto: Wildan/ detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hesti Sutrisno, seorang pecinta hewan peliharaan anjing di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menampung 70 anjing di shelter yang ia sebut "greenhouse" mengaku mendapat penolakan dari sekelompok orang terkait kegiatannya.

Sekelompak orang itu mengaku warga setempat dan meminta dia mengosongkan shelternya karena merasa terganggu. Namun Hesti meyakini sekelompok orang tersebut bukan warga setempat, karena shelternya pun berada jauh dari pemukiman sehingga warga tidak pernah protes.

Perempuan berhijab dengan cadar itu sudah sejak lama gemar menampung dan memelihara anjing liar. Pada 2018 silam, kegiatan menampung anjing dilakukan di kediamannya saat itu di Pamulang, Tangerang Selatan. Kala itu ia juga menerima penolakan dari warga yang merasa terganggu.


Kediaman Hesti sampai dijaga aparat kepolisian karena penolakan tersebut. Namun kini masalah sudah diselesaikan setelah kedua belah pihak, Hesti dan penolak, melakukan mediasi.

Meskipun sudah pernah mengalami penolakan, Hesti tak kunjung berhenti menampung anjing liar. Di Greenhouse, puluhan anjing dia beri makan dan divaksinasi agar terjauh dari virus dan penyakit berbahaya.

Biaya pakan dan kesehatan anjing-anjing tersebut ia kumpulkan dari hasil jual keripik dan beberapa donatur yang memberikan pendanaan. Ia mengaku kegiatan yang dia lakukan juga sudah mendapat izin dari kepala desa dan kecamatan setempat.

Maka itu ketika penolakan kembali terjadi dari sekelompok orang yang menurutnya bukan warga setempat, ia merasa bingung. Hesti menilai tak ada aturan yang ia langgar. Menurutnya kegiatan anjing-anjing di shelter itu juga tidak mengganggu siapa-siapa.

"Saya bukan teroris, penjahat, bandar narkoba, jual anjing, atau bahkan jagal. Makanya saya tidak mengerti kenapa kejadian seperti ini terjadi lagi," tuturnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (13/3).

Menurut warganet yang enggan dikutip namanya, Hesti merupakan sosok yang dikenal berdedikasi terhadap kelangsungan hidup binatang. Wanita berusia 41 tahun itu rajin menyelamatkan anjing yang luntang-lantung di jalanan.

(fey/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK