BMKG Peringatkan Hujan dan Petir di Jakarta Minggu Siang

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 14/03/2021 07:18 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah DKI. Ilustrasi hujan, petir dan angin kencang. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, Minggu (14/3) siang. Fenomena ini diperkirakan terjadi hingga Minggu sore.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat juga berpotensi diguyur hujan ringan sampai Minggu sore.

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada Minggu malam atau sampai Senin dini hari.


Sementara itu suhu udara di Jakarta pada Minggu diperkirakan berkisar dari 23-31 derajat celcius dengan tingkat kelembapan udara antara 75-90 persen.

Hujan lebat di sejumlah daerah di RI

BMKG juga memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada Minggu (14/3).

Mengutip Antara, pada Minggu pagi, sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat tersebut yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang juga diprakirakan terjadi di Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan, petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga memperingatkan potensi gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara.

Selain itu, perairan dengan gelombang sedang yakni 1,25-2,5 meter juga perlu diwaspadai di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Sumatera, Samudra Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa Hingga Sumba, dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

Gelombang sedang juga berpotensi terjadi di Selat Bali - Lombok - Alas Bagian Selatan, Perairan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Sangihe - Talaud, Perairan Bitung - Sitaro, Laut Maluku Bagian Utara, Perairan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat, Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua Barat.

(Antara/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK