Tokoh Buruh Indonesia Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Senin, 22/03/2021 10:30 WIB
Tokoh buruh lintas zaman yang pendiri Partai Buruh Muchtar Pakpahan meninggal dunia pada Minggu (21/3) malam. Tokoh gerakan buruh Indonesia Muchtar Pakpahan. (Foto: detikcom/Ari Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tokoh gerakan buruh Indonesia Muchtar Pakpahan meninggal dunia pada Minggu (21/3) malam. Muchtar meninggal pada usia 67 tahun.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengucapkan duka cita atas kepergian Muchtar Pakpahan.

"Buruh Indonesia sangat berduka cita atas meninggalnya bang Muchtar Pakpahan pada hari Minggu malam (21/3/2021)," kata Said Iqbal.


Menurut Said Iqbal, Muchtar Pakpahan adalah tokoh buruh yang peduli kaum buruh dan rakyat kecil. Muchtar adalah tokoh buruh pertama di Orde Baru yang berani mendirikan organisasi buruh secara independen.

"Berkali-kali dipenjara dan berkali kali pula hendak dibunuh, tetapi kecintaannya kepada kaum buruh dan rakyat kecil tidak surut. Dia konsisten dalam berjuang agar kaum buruh berhasil menggapai kesejahteraan," tegas Said Iqbal.

Negara kesejahteraan atau walfare state, lanjut Iqbal, adalah cita-cita Mochtar Pakpahan. Cita-cita perjuangan ini akan selalu dikenang dilanjutkan oleh kaum buruh.

"Semoga amal budi baik bang Mochtar Pakpahan diterima Tuhan YME. Di tengah engkau menderita penyakit kanker; tetapi hati, pikiran, dan tindakanmu terus berjuang untuk kaum buruh."

"Selamat jalan bang...," kata dia.

Muchtar Pakpahan adalah tokoh buruh lintas zaman. Dia pernah dipenjara di masa Orde Baru karena menggerakkan demonstrasi buruh di Indonesia.

Setelah Orba berakhir, Muchtar berjuang di politik elektoral dengan mendirikan Partai Buruh.

(tim/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK