Jokowi: Kiai Sampaikan AstraZeneca Halal dan Tayib

CNN Indonesia | Senin, 22/03/2021 17:18 WIB
Presiden Jokowi akan segera memerintahkan distribusi AstraZaneca, berharap vaksin asal Inggris itu bisa secepatnya tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan vaksin Covid-19 AstraZeneca halal dan dan tayib (baik). Hal itu ia sampaikan saat meninjau vaksinasi massal di Jombang, Jawa Timur.

Jokowi mengaku telah menemui para ulama sesepuh di Jawa Timur pagi ini. Dia bilang telah mendapat wejangan terkait kehalalan AstraZaneca dari para ulama.

"Para kiai dari MUI Jawa Timur yang menyampaikan bahwa vaksin AstraZaneca bisa digunakan, halal, dan tayib," kata Jokowi di Jombang seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/3).


Jokowi berkata akan segera memerintahkan distribusi AstraZaneca. Ia berharap vaksin asal Inggris itu bisa secepatnya tersebar di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut sejumlah pondok pesantren jadi prioritas distribusi vaksin Covid-19 AstraZaneca. Jokowi menuturkan langkah ini jadi bagian dari percepatan vaksinasi di Jatim.

"Agar pelaksanaan vaksin bisa lebih dipercepat untuk pondok-pondok pesantren, untuk para kiai, untuk para santri, dan kemudian juga untuk petugas dan pelayanan publik," ujar Jokowi.

Sebelumnya, MUI pusat menyatakan vaksin Covid-19 AstraZaneca haram. MUI menilai ada kandungan babi di dalam vaksin tersebut.

Meski begitu, MUI pusat memperbolehkan penggunaan vaksin tersebut untuk sementara. Sebab, vaksin Covid-19 yang tersedia masih dalam jumlah terbatas.

Pihak AstraZeneca Indonesia menyatakan vaksin buatannya tidak mengandung babi dan hewan lain dalam proses pembuatannya. Pernyataan itu sekaligus membantah kabar yang menyebut vaksin AstraZeneca mengandung babi.

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK