ESDM Maluku Akan Cek Tambang Emas Temuan Warga Pesisir

CNN Indonesia | Rabu, 24/03/2021 04:34 WIB
Dinas ESDM Maluku mengutus tim inspektur tambang untuk meninjau langsung tambang emas di Pesisir Pantai Desa Tamilouw, Maluku Tengah pada Rabu (24/3). Foto ilustrasi penambangan emas oleh warga. (AFP PHOTO / JUAN BARRETO)
Maluku, CNN Indonesia --

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku mengutus tim inspektur tambang untuk meninjau langsung tambang emas di Pesisir Pantai, Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah pada Rabu (24/3).

Kepala Dinas ESDM Maluku, Fauzan Chatib mengatakan pihaknya belum menerima laporan resmi dari pemerintah Maluku Tengah terkait penemuan tambang emas oleh warga Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah pada Sabtu pekan lalu.

Ia mengatakan apabila ada laporan resmi dari Pemda Kabupaten Maluku Tengah pihaknya segera meneruskan laporan tersebut ke Kementerian ESDM untuk mengambil langkah-langkah sesuai dengan Undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang kewenangan Pemerintah Provinsi di bidang Mineral dan Batubara sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat (Pempus).


"Insyaallah besok (Rabu) tim inspektur tambang emas dari Ambon ke sana, mereka akan mengecek langsung lokasi tambang emas yang ditemukan warga itu," kata Fauzan Chatib, melalui pernyataan resmi, Selasa (23/3) malam.

"Info penemuan emas di pantai Desa Tamilouw itu informasinya baru saya lihat di Medsos tadi pagi,"imbuh Fauzan.

Sejauh ini pihaknya sudah mengirimkan foto dan video warga sedang mendulang emas di pesisir pantai pohon batu yang viral itu melalui email kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

Warga Maluku Tengah sempat dihebohkan dengan temuan tambang emas di pesisir pantai Maluku. Tambang emas itu tepatnya berada di pesiair pantai Pohon Batu Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Syarifah, warga Desa Tamilouw yang disebut pertama kali menemukan tambang emas itu menceritakan kisahnya menemukan tambang bersama dua saudaranya.

"Saat itu saya sama kakak sedang dulang pasir, namun di dalam pasir ada biji emas,"kata Syarifah, Selasa (23/3).

"Karena ada butiran emas, kami coba-coba mendulang pakai kuali ternyata dapat emas," imbuhnya menceritakan awal temuan titik emas.

Ia menceritakan mereka menemukan tambang tersebut pada pekan lalu. Kala itu pun, sambungnya, hanya mereka saja yang berada di sana, namun setelah menceritakan kepada warga tetangga rumah, warga pun ramai-ramai menyerbu pantai dengan membawa peralatan seadanya seperti skop, karpet hingga kuali.

"Tambang emas pun viral setelah warga memadati pesisir pantai mendulang emas," ujarnya.

(sai/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK