Ma'ruf: Dari Segi Agama, Vaksinasi Bagian dari Fardu Kifayah

CNN Indonesia | Selasa, 30/03/2021 19:49 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat agar tidak ragu untuk melakukan vaksinasi covid-19. Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Sekretariat Wakil Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut bahwa vaksinasi covid-19 jika dilihat dari sisi agama merupakan kewajiban yang harus dilakukan masyarakat. Dalam perspektif itu, Ma'ruf menyebut vaksin merupakan sesuatu yang wajib dan bersifat fardu kifayah.

Dia mengingatkan masyarakat agar tidak ragu untuk melakukan vaksinasi covid-19. Bahkan Saat ini pemerintahan pun terus melakukan sosialisasi dari berbagai pendekatan baik dari pendekatan kesehatan maupun pendekatan keagamaan.

"Dari segi agama, melakukan vaksinasi itu bagian dari kewajiban, fardu kifayah, orang harus melakukan sebelum bisa teratasi. Sebelum vaksinasi mencapai tingkat kekebalan (komunitas) 181 juta (penduduk), itu belum gugur kewajibannya," kata Ma'ruf saat melakukan peninjauan vaksinasi covid-19 di Kalimantan Tengah, Selasa (30/3).


Dalam artian umum, fardu kifayah merupakan suatu amalan wajib yang dibebankan kepada umat Islam tetapi bisa diwakilkan. Maksudnya, jika amalan atau ibadah itu sudah ada yang mengerjakan meski hanya satu orang, maka gugurlah kewajiban orang lain untuk melakukan amalan tersebut.

Ma'ruf sendiri menyadari saat ini kasus penularan aktif harian covid-19 memang terus mengalami penurunan. Meski begitu, seluruh pihak baik jajaran pemerintah maupun masyarakat diharapkan tidak lengah dan terus berupaya mengatasi pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah sekarang sudah terjadi penurunan-penurunan, dari tadinya di atas 10 ribu (kasus), sekarang sudah tinggal 5 ribu, 4 ribu," kata Ma'ruf.

Tak hanya jumlah kasus harian yang menurun, kapasitas rumah sakit yang tadinya terisi hampir 70, 80, bahkan 90 persen pun kata Ma'ruf kini telah ada di bawah 50 persen.

Dia pun mengingatkan agar penurunan ini terus dikelola, sebab jika tidak kasus dapat kembali naik seperti yang terjadi di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika.

"Kita tidak ingin. Karena itu, tetap masalah protokol kesehatan, 3M, 3T, kemudian pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tingkat mikro dan juga pelaksanaan vaksinasi merupakan upaya-upaya yang secara terus menerus kita lakukan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga mengklaim pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kendala apapun yang disebabkan efek samping vaksin.

"Semua yang divaksin aman. Tidak ada orang merasa takut, merasa sakit, atau demam, ternyata tidak ada," kata dia.

(tst/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK