Jokowi Terbang ke NTT Pagi Ini Temui Korban Banjir Bandang

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 07:23 WIB
Jokowi kemungkinan berkunjung ke Pulau Adonara dan Pulai Lembata, dua wilayah yang mengalami dampak paling parah bencana banjir bandang. Presiden Joko Widodo. (Lukas - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini. Dia akan menemui para korban bencana dan sejumlah lokasi terdampak di provinsi tersebut.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi terbang ke NTT sejak pagi. Rombongan kepresidenan akan bertolak dari Jakarta.

"Iya (Presiden Jokowi mengunjungi korban bencana NTT)," kata Heru lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/4).


Heru belum bisa memastikan detail kegiatan Jokowi di NTT. Ia pun belum mau memastikan lokasi mana saja yang akan dikunjungi Jokowi hari ini.

Meski begitu, ia menyebut Jokowi kemungkinan berkunjung ke Pulau Adonara dan Pulai Lembata. Dua wilayah tersebut mengalami dampak paling parah menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelumnya, NTT diterpa bencana alam hidrometeorologi pada Minggu (4/4). Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan siklon tropis seroja sebagai penyebab cuaca ekstrem yang melanda NTT.

BMKG memproyeksi siklon tropis bakal sering terjadi ke depannya karena pemanasan global.

Bencana alam menerpa 11 kabupaten/kota, yaitu Flores Timur, Alor, Malaka, Sikka, Lembata, Kupang, Kota Kupang, Sabu Raijua, Rote Ndao, Ngada, dan Ende.

Total korban jiwa bencana alam di NTT hingga Kamis (8/4) mencapai 163 orang. Selain itu, 45 orang masih dalam pencarian.

(dhf/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK