Gempa Malang Terasa hingga ke Seluruh Pos Gunung Merapi

CNN Indonesia | Sabtu, 10/04/2021 15:36 WIB
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, dilaporkan terasa hingga ke wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ilustrasi Gunung Merapi erupsi. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilaporkan terasa hingga ke wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB, Sabtu (10/4) ini turut terasa getarannya sampai ke seluruh pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM).

"Terasa di semua pos pengamatan dan terekam di seluruh stasiun Merapi," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida dalam keterangannya.


Kelima pos termaksud antara lain, PGM Kaliurang di Sleman; PGM Babadan dan Ngepos di Magelang; PGM Jrakah dan Selo di Boyolali.

"Hingga saat, ini tidak terlihat adanya pengaruh gempa tersebut terhadap aktivitas vulkanik Merapi," tutur Hanik.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 25 kilometer. Sementara lokasi gempa berada 90 kilometer dari Kabupaten Malang.

"Tidak berpotensi tsunami," mengutip keterangan BMKG lewat akun Twitter @infoBMKG.

Selain beberapa kabupaten di DIY dan Jawa Tengah, getaran gempa juga dilaporkan terasa di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya Surabaya Selatan dan Surabaya Barat.

(kum/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK