Dampak Gempa Malang: Rumah, Sekolah, Tempat Ibadah Rusak

CNN Indonesia
Sabtu, 10 Apr 2021 22:24 WIB
Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 merusak puluhan bangunan di sejumlah wilayah Jawa Timur. Puluhan bangunan rusak akibat guncangan gempa di wilayah Malang dan sejumlah wilayah Jatim. Ilustrasi (AP/Hendra Permana)
Surabaya, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang berpusat di selatan Kabupaten Malang, mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah warga rusak. Selain itu, tujuh orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Yanuar Rachmadi mencatat setidaknya kerusakan terjadi di 13 kabupaten/kota.

"Kerusakan berat hingga ringan tercatat di sejumlah daerah. Tapi ini sifatnya sementara, menunggu pendataan tim di lapangan," kata Yanuar, Sabtu (10/4).


Beberapa daerah yang mengalami kerusakan yakni di Kabupaten Malang. Di sana kerusakan terjadi di Kantor Desa Majangtengah, rusak ringan; rumah rusak di Desa Majangtengah.

Kemudian, Puskesmas Kecamatan Bantur; SMK Negeri 1 Turen; MTSN 1 Malang Gondanglegi; SMAN 1 Sumberpucung, SMK Widya Dharma Turen; Balai Desa Sumberjo Gedangan, dan rumah rusak ringan sebanyak 37 unit.

Di Kabupaten Lumajang bangunan SD Argosari 2 rusak; 3 orang meninggal dunia; dan 1 orang korban luka ringan. Di Pasuruan kerusakan terjadi di Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur.

Petugas membersihkan puing-puing yang runtuh di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Blitar akibat gempa bumi di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (19/4/2021). Akibat gempa tersebut, sejumlah rumah, gedung fasilitas umum, dan tempat ibadah di sekitar delapan kecamatan di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar dilaporkan rusak. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/aww.Foto: ANTARA FOTO/IRFAN ANSHORI
Petugas membersihkan puing-puing yang runtuh di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Blitar akibat gempa bumi di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (19/4/2021). Akibat gempa tersebut, sejumlah rumah, gedung fasilitas umum, dan tempat ibadah di sekitar delapan kecamatan di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar dilaporkan rusak. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/aww.

Selanjutnya di Kabupaten Blitar kerusakan terjadi di Kantor DPRD Kabupaten Blitar. Kabupaten Trenggalek, kerusakan ringan menimpak Kantor Kecamatan Durenan; SMK Durenan; Kantor Desa Cakul, Kecamata Dongko; SMP 2 Tugu; Balai Desa Siki, Kecamatan Dongko; Rumah warga di Desa Margumulyo, Balai Desa Cakul dan Balai Desa Timahan.

Kemudian di Gresik, rumah rusak ringan 1 unit. Kota Blitar gempa merusak sebagian ruang rawat inap RSUD Mardi Waluyo. Kota Malang, kerusakan di Rusunawa dan rumah rusak sedang.

Di Kota Kediri, kerusakan terjadi Gedung IIK Baktiwiyata. Di Probolinggo satu rumah rusak ringan dan satu musala rusak sedang. Di Kabupaten Ponorogo, satu rumah rusak sedang.

Lalu di Jember, rumah rusak berat 1 unit, rumah rusak sedang 7 unit, rumah rusak ringan 6 unit, masjid rusak sedang 1 unit. Di Kabupaten Tulungagung rumah rusak ringan-sedang sedang dalam pendataan.

Sebelumnya, BMKG mencatat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 25 km. Lokasi gempa berada 90 kilometer dari Kabupaten Malang.

"Tidak berpotensi tsunami," mengutip keterangan BMKG lewat akun Twitter @infoBMKG.

BPBD Jawa Timur mencatat gempa terasa di 17 kabupaten/kota di Jatim. Selain itu, gempa juga terasa hingga Banjarnegara, Jawa Tengah dan Bali.

Wilayah yang terdampak antara lain, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo.

Kemudian Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Tuban.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER