Jelang Ramadan, Gus Mus Ingatkan soal 3M dan Vaksinasi

KPCPEN, CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 09:20 WIB
Gus Mus menekankan, penting untuk mengupayakan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satunya, lewat penggunaan masker. Gus Mus menekankan, penting untuk mengupayakan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satunya, lewat penggunaan masker. (Foto: CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mustofa Bisri atau Gus Mus menegaskan, manusia harus menjaga kesehatan dan keafiatan sebagai sebuah anugerah, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

"Semua ada tuntunannya. Seperti kalau ada pandemi di suatu tempat, kalau kamu berada di dalam jangan keluar, kalau ada dari luar jangan masuk. Itu tuntunan pokok," kata Gus Mus pada Jumat (9/4).

Gus Mus juga mengingatkan agar masyarakat mematuhi saran para ahli kesehatan, termasuk soal vaksinasi.


"Jadi kita itu harus membiasakan, soal hukum cari ahli hukum, soal kesehatan cari ahli kesehatan, soal agama ya cari ahli agama. Jadi kita harus menempatkan segala sesuatu pada tempatnya," ujarnya.

Menjelang bulan Ramadan, Gus Mus pun berpesan pada umat Islam agar menyucikan diri dengan melakukan introspeksi dan tetap menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Ia menekankan, penting untuk mengupayakan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satunya, lewat penggunaan masker.

"Karena menggunakan masker bukan untuk dirinya sendiri, tapi menghormati orang lain. Saling menghormati inilah yang perlu kita tingkatkan supaya kita tidak melakukan hal yang justru merugikan kita bersama," ujar Gus Mus.

Lebih lanjut, pimpinan pondok pesantren di Rembang, Jawa Tengah tersebut mengingatkan agar masyarakat terus menyelaraskan usaha dengan doa. "Supaya kita semua, jangan kita ayayi (menjalani, red) berdasarkan kemampuan kita sendiri. Tapi tetap memohon kepada Allah SWT, pencipta kita. Jadi kita berusaha dan berdoa," ungkap Gus Mus.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK