Gempa M 6,1 Guncang Malang, Kerusakan Bangunan di 13 Wilayah

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 07:17 WIB
Gempa bumi berkekuatan magnitudao 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang, mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah warga rusak. Kerusakan bangunan akibat gempa di Malang. (ANTARA FOTO/IRFAN ANSHORI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang berpusat di Kabupaten Malang, mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah warga rusak.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Yanuar Rachmadi mencatat setidaknya kerusakan terjadi di 13 wilayah kabupaten/kota.

"Kerusakan berat hingga ringan tercatat di sejumlah daerah. Tapi ini sifatnya sementara, menunggu pendataan tim di lapangan," kata Yanuar, Sabtu (10/4) kemarin.


Beberapa daerah yang mengalami kerusakan yakni di Kabupaten Malang. Di sana kerusakan terjadi di Kantor Desa Majangtengah, rusak ringan; rumah rusak di Desa Majangtengah.

Kemudian, Puskesmas Kecamatan Bantur; SMK Negeri 1 Turen; MTSN 1 Malang Gondanglegi; SMAN 1 Sumberpucung, SMK Widya Dharma Turen; Balai Desa Sumberjo Gedangan, dan rumah rusak ringan sebanyak 37 unit.

Di Kabupaten Lumajang bangunan SD Argosari dua rusak; tiga orang meninggal dunia; dan satu orang korban luka ringan. Di Pasuruan kerusakan terjadi di Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur.

Selanjutnya di Kabupaten Blitar kerusakan terjadi di Kantor DPRD Kabupaten Blitar.

Kabupaten Trenggalek, kerusakan ringan menimpak Kantor Kecamatan Durenan; SMK Durenan; Kantor Desa Cakul, Kecamata Dongko; SMP 2 Tugu; Balai Desa Siki, Kecamatan Dongko; Rumah warga di Desa Margumulyo, Balai Desa Cakul dan Balai Desa Timahan.

Kemudian di Gresik, rumah rusak ringan tiga unit. Kota Blitar gempa merusak sebagian ruang rawat inap RSUD Mardi Waluyo. Kota Malang, kerusakan di Rusunawa dan rumah rusak sedang.

Di Kota Kediri, kerusakan terjadi Gedung IIK Baktiwiyata. Di Probolinggo satu rumah rusak ringan dan satu musala rusak sedang. Di Kabupaten Ponorogo, satu rumah rusak sedang.

Lalu di Jember, rumah rusak berat 1 unit, rumah rusak sedang 7 unit, rumah rusak ringan 6 unit, masjid rusak sedang 1 unit. Di Kabupaten Tulungagung rumah rusak ringan-sedang sedang dalam pendataan.

(bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK