Update Gempa Malang: 8 Orang Meninggal, 179 Fasum Rusak

CNN Indonesia | Minggu, 11/04/2021 18:36 WIB
Data BNPB menunjukkan 8 orang meninggal dan 179 fasum rusak akibat gempa di Malang, Jawa Timur. Lima orang meninggal dunia di Lumajang dan tiga orang di Malang. Gempa di Malang menyebabkan 8 orang meninggal dan ratusan fasum rusak. (Foto: ANTARA FOTO/IRFAN ANSHORI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak delapan orang meninggal dunia akibat gempa di wilayah Malang, Jawa Timur. Secara rinci, lima orang yang meninggal dunia ada di Lumajang dan tiga orang di Malang.

"Sampai hari ini terdata korban jiwa yang meninggal dunia ada delapan orang meninggal dunia di Jatim dampak dari gempa bumi. Lima di lumajang dan tiga meninggal dunia di Malang. Ini data yang kita dapatkan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam jumpa pers, Minggu (11/4) sore.

Selain itu, BNPB mencatat ada 39 orang yang luka, dengan 36 orang kategori luka ringan, dua orang dengan luka sedang, dan satu orang luka berat.


Gempa yang terjadi pada Sabtu dan Minggu ini juga berdampak kepada kerusakan bangunan. Raditya menuturkan ada 642 unit rumah rusak berat, 845 rusak sedang dan 1.361 rusak ringan.

"Dan 179 unit fasilitas umum rusak," imbuhnya.

Raditya menambahkan bahwa Kepala BNPB Doni Monardo sudah terbang dari Kota Kupang, NTT, menuju Jawa Timur merespons perintah dari Presiden Joko Widodo.

Doni, kata dia, sudah meninjau lokasi terdampak ditemani dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang Sanusi.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah selatan kabupaten Malang pada Sabtu (10/4) kemarin.

Gempa terjadi pada pukul 14:00:15 WIB. Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 8,95 lintang Selatan (LS) dan 112,48 bujur Timur (BT) atau lebih tepatnya terjadi pada 90 km barat daya, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa berada di kedalaman 25 kilometer.

Gempa susulan juga terjadi pada Minggu (11/4) hari ini.

Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, menjelaskan guncangan gempa tektonik susulan ke-8 di Malang Raya, dan sejumlah wilayah di Jawa Timur serta sebagian Yogyakarta, Minggu (11/4) pagi pukul 06.54.58 WIB.

Daryono menuturkan gempa susulan itu memiliki magnitudo 5,3 dengan episenter berada di laut pada jarak 71 kilometer arah selatan kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

(ryn/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK