Firli: 1.550 Orang Korupsi, Masih Ada 262 Juta Warga Baik

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 14:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri menyebut hingga saat ini 1.550 orang korupsi. Namun masih ada 262 juta warga baik yang tak disorot. Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan hingga saat ini tak lebih dari 1.550 orang ditangkap lembaga antirasuah akibat korupsi.

Meski demikian, menurutnya, masih ada jutaan orang baik yang tak disorot karena tertutup dengan berbagai penangkapan atau Operasi Tangkap Tangan (OTT).

"Yang tertangkap KPK karena korupsi itu tak lebih dari 1.550 orang sampai hari ini. Artinya masih ada 262 juta lebih warga negara Indonesia yang baik," ujar Firli dalam acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022, Selasa (13/4).


"Karena itu jangan sampai orang yang kena OTT saja yang ramai. Sementara masih banyak ribuan bahkan jutaan orang yang baik," imbuhnya.

Firli menuturkan, praktik-praktik baik berupa penyampaian informasi tentang pencegahan korupsi harus terus dikembangkan.
Ia meyakini bahwa pada dasarnya orang-orang di dunia ini memiliki sikap yang baik.

"Kalau pun kita menemukan ada yang tidak baik, setidaknya kita menjadi satu-satunya orang baik. Jadi praktik baik terus kita kembangkan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyebut diperlukan pencegahan dan stategi secara nasional dalam penanganan korupsi dengan melibatkan semua pihak.

Ia mendorong agar berita-berita baik tentang pencegahan korupsi dan lainnya diperbanyak alih-alih sekadar mengenai OTT.

"Kalau konteks OTT, tangkap tangan, dan semuanya itu, sudahlah itu berita 'bunga-bunga' di media dan seolah memang kita buruk dan kita busuk. Tapi cerita baik, proses panjang mengubah sistem, mengubah perilaku tidak pernah muncul," ucap Ganjar.

(tst/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK