UPDATE CORONA 13 APRIL

Rangkuman Covid: DKI Terkendali Hingga Izin Buka Puasa di KRL

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 17:09 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mengklaim saat ini kondisi pandemi covid-19 di ibu kota relatif terkendali seiring memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah. Ilustrasi covid-19. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat sebaran kasus di Indonesia selama setahun lebih telah mengakibatkan sebanyak 1,5 juta jiwa terinfeksi, dan 42 ribu jiwa lebih meninggal.

Pemerintah dituntut menggenjot 3T, sementara masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan 3M. Tepat tiga bulan, pemerintah juga telah memulai program vaksinasi nasional yang ditargetkan menyasar sebanyak 60-70 persen penduduk, atau sebanyak 181.554.465 orang.

Namun demikian, pemerintah mengungkapkan kendala terbesar dalam program vaksinasi ini adalah keterbatasan stok vaksin, sebab Indonesia masih menjadi negara impor vaksin. Belum lagi ada embargo vaksin yang dikeluarkan sejumlah negara kala kasus covid-19 di negaranya meningkat.


Pemerintah lantas memutar strategi untuk mempercepat vaksinasi, salah satunya mulai mengupayakan pembuatan vaksin dalam negeri.

CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

GeNose Jangan Lebih 6 Jam Setelah Sahur

Peneliti GeNose Dian Kesumapramudya dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mewanti-wanti agar penggunaan GeNose sebagai media screening virus corona dilakukan tak lebih dari enam jam setelah sahur alias disarankan hanya digunakan pada pagi hari selama bulan puasa.

Dian menjelaskan, apabila tes GeNose dilakukan lebih dari enam jam usai sahur, maka dikhawatirkan ada peningkatan asam lambung. Kondisi itu lantas menurutnya dapat mempengaruhi hasil pembacaan GeNose. Adapun, selain maksimal enam jam setelah sahur, waktu yang dianjurkan untuk pemeriksaan GeNose adalah setelah berbuka puasa.

Anies Klaim Kasus Covid DKI Terkendali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim saat ini kondisi pandemi covid-19 di ibu kota relatif terkendali seiring memasuki bulan Ramadan 1442 Hijriah. Menurut Anies, kemenangan melawan sudah di depan mata.

Selain itu, menurut Anies, saat ini program vaksinasi juga masih terus berjalan dengan cepat. Lansia dan petugas pelayanan publik masih menjadi prioritas sasaran penerima vaksin.

Target Vaksin Merah Putih Produksi Massal 2021

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) optimis vaksin buatan anak bangsa, Merah Putih, dapat diproduksi secara massal pada akhir 2021. Dari enam institusi yang mengembangkan vaksin Merah Putih, ada dua institusi yang memiliki progres paling cepat yakni Universitas Airlangga dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Untuk Eijkman, vaksin dengan subunit protein rekombinan itu saat ini tengah dalam riset pengembangan dan persiapan uji hewan untuk proof of concept. Selanjutnya vaksin dari Unair yang mengembangkan metode inactivated virus dan Adenovirus masuk dalam tahapan pre klinis, persiapan uji klinis dan produksi biji vaksin.

KAI Commuter Izinkan Penumpang Buka Puasa di Kereta

PT KAI Commuter mengizinkan penumpang untuk makan dan minum di dalam rangkaian kereta KRL selama waktu berbuka puasa. Sebelumnya, KAI melarang penumpang makan dan minum di gerbong kereta.

Namun demikian, penumpang yang hendak makan dan minum untuk berbuka puasa diminta tetap menjaga protokol kesehatan dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Zona Merah Covid di Bali

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK