Daftar Jalur Tikus Jadetabek yang Disekat Polisi Masa Mudik

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 13:54 WIB
Polda Metro Jaya menyekat jalan pintas atau jalur tikus untuk mencegah warga yang nekat mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021. Petugas kepolisian memeriksa dokumen milik calon pemudik yang terjaring razia penyekatan di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyekat jalan pintas atau jalur tikus untuk mencegah warga yang nekat mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Sejauh ini ada 16 jalur tikus yang akan dipantau oleh pihak kepolisian di wilayah Jakarta Depok Tangerang Bekasi (Jadetabek). Namun, jumlah itu bisa bertambah berdasarkan hasil pemetaan dan survei yang nantinya akan dilakukan.

"Totalnya sejauh ini ada 16 titik. Jalur-jalur tikus itu kita jaga semua," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keteranganya, Rabu (14/4).


Dalam pelaksanaannya, kata Sambodo, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas Wilayah di Kota Tangerang, Tangerang Selatan (Tangsel), Kota Depok, Kota Bekasi, serta Kabupaten Bekasi.

"Titik ini akan di-update lagi menjelang tanggal 6 Mei. Bisa bertambah lagi tergantung perkembangan situasi," ucap Sambodo.

Berikut titik penyekatan jalur tikus di wilayah Jadetabek:
1.Polres Kota Tangerang
- Lippo Karawaci
- Batu Ceper
- Jatiuwung
- Ciledug
- Kebon Nanas

2.Polres Tangsel
- Puspitek
- Bitung

3. Polres Depok
- Cibinong, Jati Jajar
- Jalan Raya Bambu Kuning

4. Polres Bekasi Kota
- Sumber Arta
- Patung Garuda
- Bantar Gebang

5. Polres Bekasi Kabupaten
- Cibarusah
- Kedung Waringin
- Setu
- Pebayuran

Sebelumnya, Sambodo menuturkan bahwa penyekatan di jalur tikus itu tak hanya menyasar kendaraan roda empat saja, tetapi juga menyasar kendaraan roda dua.

"Kepada pengendara-pengendara pemudik roda dua yang diduga juga nanti akan banyak yang melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor," ujarnya.

Sementara itu, Korlantas Polri telah menyiapkan 333 titik pos penyekatan yang tersebar di wilayah Lampung hingga Bali dalam rangka larangan mudik Lebaran 6-17 Mei.

Rinciannya, Polda Lampung 8 titik, Polda Banten 16 titik, Polda Metro Jaya 8 titik, Polda Jawa Barat 132 titik, Polda Jawa Tengah 149 titik, Polda DIY 10 titik, Polda Jawa Timur 7 titik, dan Polda Bali 3 titik.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK