Kota Bekasi Diguyur Hujan Es

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 16:03 WIB
Sejumlah wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat diguyur hujan es. BPBD Kota Bekasi menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat hujan es itu. Ilustrasi Hujan Es. (dok.istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/4). Di sejumlah wilayah, hujan juga disertai butiran es.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi Agus Harpa mengatakan, daerah yang dilanda hujan es yakni Kecamatan Jati Asih.

"(Hujan es batu mulai) Kurang lebih jam 14.55 WIB. Awalnya kecil, terus besar dan disertai angin kencang," kata Agus saat dihubungi, Rabu (14/4).


Agus mengatakan, butiran es itu sebesar jari kelingking orang dewasa. Ia menambahkan, sampai saat ini belum ada laporan rumah rusak akibat hujan es.

"Belum ada laporan," katanya.

Hujan es di Kota Bekasi juga ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa pengguna media sosial Twitter membagikan rekaman maupun foto hujan es yang terjadi di wilayah mereka.

Salah satu yang membagikan info tersebut yakni akun @arsi2905. Dalam cuitannya, ia mengatakan hujan es terjadi di Jatimelati, Pondok Melati, Bekasi.

Akun tersebut turut membagikan sebuah video yang menunjukkan hujan es.

Fenomena hujan es, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) umumnya dipengaruhi perkembangan sel awan Cumulonimbus(CB). Awan itu semakin bertambah besar karena terjadi proses penggabungan awan (coalision) dan tumbukan partikel awan (collision).

(dmi/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK