Peringatan BPBD: Cuaca Ekstrem Jakarta Hingga Kamis

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 02:58 WIB
BPBD DKI Jakarta menyatakan cuaca ekstrem berupa hujan disertai petir dan angin melanda Jakarta ingga 15 April. Ilustrasi cuaca ekstrem Jakarta (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae.

"Berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta pada tanggal 14 dan 15 April 2021," demikian informasi yang mengutip akun @BPBDJakarta, Rabu (14/4).

BPBD menjelaskan, potensi cuaca ekstrem ini disebabkan Siklon Tropis Surigae yang terpantau berada di Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua.


Siklon tersebut bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 40 kt dan tekanan minimum 1000 mb.

Pergerkan itu secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang dari Sulawesi bagian utara hingga Maluku Utara dan Papua Barat bagian utara dan membentuk daerah pertemuan dan pelambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan bagian utara hingga Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Barat Lampung. Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Sulawesi Tengah.

Kondisi ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konfluensi dan konvergensi serta peningkatan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sekirar bibit siklon tersebut.

"Kepada OPD terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan satgas banjir kecamatan," bunyi pengumuman tersebut.

(dmi/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK