Mudik Dilarang, Sandiaga Minta Warga Tak Wisata ke Luar Kota

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 08:02 WIB
Sandiaga Uno mengatakan masyarakat tidak boleh melakukan perjalanan ke tempat wisata di luar kota selama larangan mudik Lebaran diberlakukan. Sandiaga Uno mengatakan masyarakat tidak boleh melakukan perjalanan ke tempat wisata di luar kota selama larangan mudik Lebaran diberlakukan. (Foto: Arsip Menparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan masyarakat tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata di luar kota selama larangan mudik diberlakukan.

Hal itu dinyatakannya dalam Program Mata Najwa yang disiarkan Trans 7, Rabu (14/4) malam.

Awalnya, presenter acara, Najwa Shihab meminta kejelasan dari Sandiaga ihwal pembukaan tempat wisata. Menurut Najwa, ada anggapan di masyarakat bahwa mereka bisa melakukan perjalanan ke tempat wisata di luar kota selama larangan mudik diberlakukan.


"Hanya minta kejelasan, karena sekarang banyak, 'Oh, saya enggak mau mudik kok, cuma mau ke Borobudur, kebetulan di Borobudur belakangnya rumah saya', kesannya sekarang ada pengertian yang mungkin harus diluruskan, tetap tidak boleh keluar kota untuk berwisata, begitu?" tanya Najwa.

"Betul, jadi interpretasi seperti itu tentunya menurut saya adalah satu interpretasi yang tidak diperbolehkan, yang diperbolehkan adalah berkegiatan dalam lingkup PPKM Skala Mikro, jadi cukup jelas tentunya," kata Sandiaga

Sandiaga menyebut, Kemenparekraf terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan pengelola destinasi wisata untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Selain protokol kesehatan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan pihaknya tengah mendorong vaksinasi Covid-19 kepada para pekerja bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita tidak ingin tidak ambil langkah antisipatif, saat masyarakat tidak boleh mudik, mereka akan bermobilitas dan salah satu tujuan mereka adalah destinasi wisata, oleh karena itu, kita harus pastikan protokol kesehatan," kata dia

Pemerintah telah melarang masyarakat melakukan aktivitas mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021 demi mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga melarang total operasi moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada tanggal tersebut.

Namun di sisi lain, Sandiaga pada awal April lalu telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy untuk membahas persiapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama menghadapi momentum libur Lebaran.

"Kami berkoordinasi berkenaan dengan topik-topik terkini, salah satunya mengenai mudik dan kami secara tegas menyampaikan dan memberikan pesan kepada masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif bahwa kami siap untuk mendukung keputusan pemerintah. Sekarang kami menyiapkan opsi-opsi staycation, opsi-opsi pariwisata dalam bingkai PPKM skala mikro," kata Sandiaga saat itu.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK