Pesan Mahfud MD untuk Kepala Daerah Baru: Hindari Korupsi

CNN Indonesia | Kamis, 15/04/2021 10:25 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD memperingatkan para kepala daerah yang baru terpilih agar bersikap amanah dan menghindari korupsi.. Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Rusman-Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menitipkan sejumlah pesan kepada kepala daerah yang baru saja terpilih dalam Pilkada Serentak 2020. Salah satunya agar bersikap amanah dan tak terjerumus perilaku koruptif.

"Para kepala daerah yang telah dilantik agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menghindari korupsi, dan sedapat mungkin menunaikan janji-janji politiknya," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4).

Ia juga mengingatkan terkait sistem koordinasi antara pusat dan daerah.


Menurut Mahfud, dalam kepemimpinan daerah tentu dibutuhkan kondisi daerah yang stabil yang sangat bergantung pada jalannya pemerintahan dengan dipimpin seorang kepala daerah.

Untuk itu, Mahfud meminta agar setiap kepala daerah bisa berkoordinasi serta bersinergi dengan pemerintah pusat dan unsur-unsur lainnya dalam kebijakan serta pengamanan di wilayahnya.

"Kita membutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sinergi sangatlah penting, karena tanpa bersinergi, kebijakan antara pusat dan daerah mustahil diimplementasikan," ujar Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mencontohkan kebijakan larangan mudik yang baru saja dikeluarkan pemerintah pusat demi menekan penyebaran pandemi covid-19. Ia ingin pemerintah daerah bisa menyampaikan kebijakan ini ke semua masyarakat di wilayahnya.

Mahfud juga meminta pemerintah daerah mengetatkan penegakan protokol kesehatan terutama selama bulan suci ramadan dan Idulfitri tahun ini.

"Agar kepala daerah turut mendukung dan mengimbau kepada masyarakat terkait kebijakan Lebaran," kata dia.

(tst/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK