Riza: Cipinang Melayu Banjir karena di Bawah Permukaan Laut

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 04:43 WIB
Wagub DKI Riza Patria menyebut daerah Cipinang Melayu menjadi rendah karena ada pengerukan tanah untuk pembangunan Gelora Bung Karno (GBK) beberapa tahun lalu Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan daerah Cipinang Melayu kerap banjir kerana daerah tersebut berada di bawah permukaan laut. Ilustrasi (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan wilayah Cipinang Melayu, Jakarta Timur kerap dilanda banjir saat hujan karena daerah tersebut berada di bawah permukaan laut. Dia juga menyinggung wilayah lain yang tak kalah rendah sehingga kerap dilanda banjir.

"Cipinang Melayu ini kan memang beda, di Jakarta ini kan konturnya memang di bawah permukaan laut, termasuk Cipinang, memang beberapa titik ada di Condet, Kalibata, di beberapa titik memang rendah," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/4).

Riza menyebut daerah tersebut menjadi rendah karena ada pengerukan tanah untuk pembangunan Gelora Bung Karno (GBK) beberapa tahun lalu. Aktivitas tesebut membuat wilayah tersebut menjadi seperti kubangan.


"Sekarang kubangan itu karena sulitnya lahan oleh warga dijadikan permukiman. Kalau hujan ya banjir," ujarnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta itu mengatakan pihaknya tengah menyiapkan solusi mencegah banjir di kawasan tersebut. Salah satu konsep yang akan dilakukan adalah dengan membangun rusunawa atau rusunami.

"Di antaranya konsep yang sudah pernah kami sampaikan, di situ nanti harus dibangun rusunawa, rusunami ke atas sehingga bawahnya kosong. Ketika kemarau jadi basement, jadi tempat bermain. Tapi ketika hujan, banjir bisa jadi tempat tampungan air," katanya.

Wilayah Cipinang Melayu merupakan salah satu daerah langganan banjir di Ibu Kota. Daerah tersebut kembali terendam banjir pada Rabu (14/4) malam.

Berdasarkan laman Pantau Banjir Jakarta, terpantau ada 11 RT di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur. Ketinggian air mencapai 75 cm. Banjir di daerah itu telah surut pada hari ini.

(yoa/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK