Viral Tugu Pamulang, Gubernur Banten Gelar Sayembara Desain

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 08:18 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim menggelar sayembara desain terbuka untuk merevitalisasi Tugu Pamulang yang kini tampak seperti toren penampung air. Gubernur Banten Wahidin Halim menggelar sayembara desain terbuka untuk merevitalisasi Tugu Pamulang yang kini tampak seperti toren penampung air. (Detikcom/Andhika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bakal menggelar sayembara desain terbuka untuk merevitalisasi Tugu Pamulang, di Bundaran Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan.

"Saya umumkan sayembara, siapa punya gambar dan desain yang bagus berdasarkan pertimbangan estetika arsitektur, kami tunggu," kata Wahidin dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (16/4).

Ia mengatakan gambar dan desain untuk Tugu yang tepat berada di depan kampus Universitas Pamulang itu akan disayembarakan secara terbuka sesuai ketentuan yang berlaku.


"Kita undang publik. Menurut publik mana yang bagus silakan desain. Kita sayembarakan nanti melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar dia.

Tugu Pamulang sebelumnya viral di media sosial dan menjadi sorotan warganet setelah beredar foto yang menyandingkan desain awal Tugu Pamulang dengan hasil akhirnya.

Sejumlah netizen bahkan ada yang mengejek Tugu Pamulang final bak sebuah toren atau menara penampung air.

Berdasarkan keterangan Pemprov Banten, pembangunan Tugu itu awalnya direncanakan pada 2017. Adapun pembangunan Tugu Pamulang berdasarkan desain seperti yang sudah dibangun sekarang ini.

Kemudian setelah pembangunan selesai, Pemkot Tangerang Selatan meminta Tugu untuk diubah sesuai dengan desain yang telah diviralkan. Namun, revitalisasi tugu itu urung dilakukan hingga 2021 lantaran adanya refocussing anggaran akibat pandemi Covid-19.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyatakan pihaknya kecewa dengan pembangunan Tugu Pamulang. Menurutnya, konsep awal tugu tersebut adalah sebuah menara yang melambangkan Masjid Raya Banten.

Ia menyebut, karena bundaran Pamulang merupakan aset provinsi, pengerjaan Tugu dilakukan oleh Pemprov Banten.

"Malah awalnya itu katanya mau dibuat patung orang, siapa lah itu, pahlawan, tapi ulama Tangsel menolak. Akhirnya bikin menara masjid Banten, tapi kok jadinya kayak gitu, pemkot juga kecewa dengan kondisi itu," kata Benyamin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (12/4).

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK