Jadwal Buka Puasa Hari Ini Senin 19 April 2021

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 14:30 WIB
Jadwal buka puasa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pukul 17.53 WIB. Sementara di Kota Bandung waktu Maghrib terjadwal di pukul 17.54 WIB. Ilustrasi menu berbuka puasa. (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Puasa Ramadan 1442 Hijriah telah memasuki hari ke-7 pada hari ini, Senin (19/4). Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam.

Umat Islam yang menyegerakan berbuka puasa ketika masuk jadwal buka merupakan golongan yang dicintai Allah SWT. Hal ini sesuai hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra. Nabi Muhammad SAW bersabda: Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang yang paling Aku cintai di antara hamba-hamba-Ku ialah orang yang paling segera berbuka."

Infografis buka puasa -2021Foto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis buka puasa -2021

Kementerian Agama telah menyusun jadwal buka puasa untuk sebulan penuh. Melalui situs https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwal, jadwal yang dibuat Kemenag menjadi rujukan seluruh umat Islam di Indonesia.


Merujuk jadwal buka puasa yang diterbitkan Kemenag, waktu Maghrib untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya tiba pada pukul 17.53 WIB. Sementara di Kota Bandung waktu Maghrib terjadwal di pukul 17.54 WIB.

Sementara itu, waktu Magrib di Kota Surakarta lebih dulu dibandingkan dua kota sebelumnya. Magrib di Kota Surakarta jatuh pada 17.36 WIB. Bergeser ke Yogyakarta, waktu Maghrib berada pada pukul 17.38 WIB dan buka puasa di Kota Surabaya jatuh pada 17.29 WIB.

Sementara itu di Indonesia bagian tengah, waktu Maghrib di Denpasar, Bali tiba pada pukul 18.18 WITA. Sementara itu Kota Mataram pada 18.14 WITA. Di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Kota Jayapura, waktu berbuka seiring kumandang azan magrib di hari ketujuh ramadan tiba pada pukul 17.41 WIT.

Maka ketika umat Islam mendengar waktu berbuka puasa tiba, maka segerakanlah untuk membatalkan puasa. Nabi menganjurkan untuk segera berbuka walaupun hanya dengan seteguk air minum atau sebiji kurma.

(mts/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK