UPDATE CORONA 18 APRIL

Rangkuman Covid-19: Jutaan Sinovac dan Gaduh Vaksin Nusantara

CNN Indonesia | Minggu, 18/04/2021 17:15 WIB
Sebanyak 6 juta bahan vaksin kembali tiba di Indonesia. Tambahan bahan vaksin ini mewarnai rangkuman pemberitaan Covid, Minggu (18/4). Jutaan bahan baku Sinovac tiba di Indonesia, Minggu (18/4). (Antara Foto/Muhammad Iqbal).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kisruh vaksin Nusantara besutan eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus berlanjut. Kali ini, keputusan sejumlah anggota DPR yang menjadi relawan dalam pengembangan vaksin Nusantara menuai sorotan.

Polemik dipicu setelah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menilai hasil uji klinik fase I vaksin Nusantara tak memenuhi standar Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB) atau Good Clinical Practice (GCP).

Sementara di sisi lain, Indonesia hari baru kedatangan 6 juta bahan vaksin asal China Sinovac. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya tengah mengejar target vaksinasi kepada kelompok lansia hingga Lebaran pertengahan Mei mendatang.


CNNIndonesia.com, merangkum peristiwa dan penanganan penanganan terkait Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Epidemiolog Kritik Penonton Liga 1

Epidemiolog mengkritik rencana untuk mengizinkan penonton menghadiri langsung pertandingan di Liga 1 yang akan digelar mulai Juni mendatang. Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Hermawan Saputra menilai kehadiran penonton di tribun stadion berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19.

Pernyataan itu merepons pernyataan Presiden Joko Widodo yang membuka peluang untuk mengizinkan kehadiran penonton dengan syarat tes GeNose.

"Prasyarat GeNose? jangankan GeNose, PCR pun kalau dia negatif, tetap tidak boleh ada kerumunan dan keramaian di area tribun dengan ribuan penonton," ucap Hermawan kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (17/4).

Infografis Fakta-fakta Vaksin Nusantara TerawanInfografis Fakta-fakta Vaksin Nusantara Terawan. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

Gaduh Vaksin Nusantara

BPOM telah menyatakan hasil uji klinis fase 1 Vaksin Nusantara tak memenuhi standar Cara Uji Klinik yang Baik (CUKB) atau Good Clinical Practice (GCP). BPOM pun menyarankan agar penelitian vaksin Nusantara diulang dari tahap praklinis hewan.

Namun alih-alih dihentikan, sejumlah anggota DPR beramai-ramai mendatangi RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (14/4) untuk mengikuti pengambilan sampel darah.

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melki Laka Lena mengatakan semua fraksi di komisi IX mendukung pengembangan vaksin Nusantara.

6 Juta Bahan Sinovac

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kembali mendatangkan bahan vaksin untuk kali kedelapan. Sebanyak 6 juta bahan vaksin Sinovac tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (18/4).

Budi menyebut jumlah tersebut bagian dari rencana 140 juta bulk atau bahan vaksin asal perusahaan China itu, yang akan didatangkan ke Indonesia selama 2021. Budi menyebutkan dari 6 juta bahan vaksin yang didatangkan, jumlah vaksin yang bisa dihasilkan mencapai 20 juta.

"Dalam satu bulan ke depan kita bisa menerima tambahan sekitar 20 jutaan dosis lagi hasil produksi Biofarma asal kedatangan bulk vaksin ini," kata Budi melalui konferensi pers yang ditayangkan di YouTube, Minggu (18/4).

Target Vaksinasi Lansia

Lebih lanjut, Budi menyebutkan pihaknya tengah mengejar target vaksinasi terhadap kelomlok lansia sebelum Lebaran Mei mendatang. Dia mengakui, ketimbang tenaga kesehatan (nakes), sulit melakukan vaksinasi kepada lansia.

Dia mengatakan, target vaksinasi kepada lansia dilakukan untuk menekan potensi kebocoran selama perayaan Idul Fitri. Pasalnya, dia juga ragu dapat membendung 100 persen mobilitas warga saat lebaran.

"Kita nggak tahu di Lebaran ini apakah kita benar-benar 100 persen bisa menahan mobilitas, tapi dugaan saya tetap pasti akan ada yang bocor," kata Budi dalam webinar, Minggu (18/4).

16,5 Juta Divaksin

Budi mengumumkan bahwa jumlah warga yang telah divaksin hingga Minggu (18/4) mencapai 16,5 juta dari target 181,5 juta. Jumlah tersebut terdiri dari 10,8 juta vaksinasi tahap 1 dan 5,9 juta vaksinasi tahap kedua.

Budi mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan target vaksinasi harian hingga 1 juta pada Juli-Agustus. Upaya itu dilakukan guna mengejar target vaksinasi yang direncanakan rampung akhir 2021.

Data Covid per 18 April

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat kenaikan kasus Covid-19 per Minggu (18/4) sebanyak 4.585 sehingga total kasus terkonfirmasi mencapai 1.604.348. Dari jumlah tersebut, 1.455.065 dinyatakan sembuh dan 43.424 meninggal dunia.

Satgas mencatat kasus sembuh bertambah 4.873 kasus dan meninggal dunia 96 penambahan kasus meninggal dunia. DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah dengan penyumbang kasus positif terbanyak.

(thr/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK