UPDATE CORONA 21 APRIL

Kasus Positif Tambah 5.720, Jumlah Meninggal Naik 230

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 16:58 WIB
Jumlah pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 kembali meningkat tinggi. Ilustrasi petugas kesehatan khusus penanganan virus corona melakukan tes swab (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 5.720 pada hari ini, Rabu (21/4). Dengan demikian, total kasus positif menjadi 1.620.569 sejak pertama kali diumumkan Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020 lalu.

Berdasarkan data milik Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah pusat, dari total kasus positif tersebut, sebanyak 1.475.456 di antaranya telah sembuh. Pasien yang sembuh bertambah 7.314 dari hari sebelumnya.

Kasus kematian pun demikian. Bertambah 230 dari hari sebelumnya. Dengan demikian, pasien yang meninggal usai terinfeksi virus corona ada sebanyak 44.007 dari total kasus positif.


Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 72.561 Kasus aktif menjadi 101.106 atau turun 1.824 dari hari sebelumnya.

Sejauh ini, pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan. Mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat, pemberian bansos, stimulus kepada UMKM, hingga larangan mudik lebaran tahun ini.

Selain itu, pemerintah pun sudah menjalankan program vaksinasi. Targetnya, 180 juta penduduk divaksinasi guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Mengenai larangan mudik, pemerintah memberlakukannya dengan alasan tidak ingin ada lonjakan kasus positif. Masyarakat yang boleh mudik hanya mereka yang memiliki urusan penting dan tidak bisa ditunda. Itupun harus menyertai surat izin keluar masuk (SIKM) daerah.

Terbaru, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melarang masyarakat melakukan takbiran keliling jelang Idulfitri. Takbiran disebut kerap menciptakan kerumunan, sehingga berpotensi menjadi tempat penularan virus corona. Oleh karena itu, pemerintah melarang takbiran keliling pada tahun ini.

(bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK