PDIP: Pertemuan Nadiem-Megawati Tak Bahas Reshuffle

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 18:10 WIB
Sekjen PDIP Harto Kristiyanto mengatakan pertemuan Nadiem dan Megawati tak membahas reshuffle. Menurutnya, perombakan kabinet merupakan keputusan presiden. Sekjen PDIP Harto Kristiyanto mengatakan pertemuan Nadiem dan Megawati tak membahas reshuffle. (Foto: Tangkapan layar instagram @nadiemmakarim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan pertemuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak membahas reshuffle atau perombakan kabinet.

Menurutnya, PDIP selalu memegang prinsip bahwa perombakan kabinet hanya terjadi atas keputusan Presiden.

"Jika kemudian ada yang mengaitkan dengan isu reshuffle, harus dipahami bahwa PDI Perjuangan selalu memegang prinsip bahwa reshuffle hanya terjadi atas keputusan Presiden. Pertemuan tersebut tidak membahas hal itu, karena persoalan pendidikan sebagai dasar kemajuan bangsa merupakan hal yang fundamental," ucap Hasto kepada wartawan, Rabu (21/4).


Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kebijakan yang dicanangkan Nadiem dengan pendidikan yang memerdekakan dan berakar pada falsafah pemikiran Ki Hadjar Dewantara perlu mendapat dukungan.

Dia mengatakan PDIP tidak melihat menteri sebagai individu, melainkan sebagai pembantu presiden yang harus menjalankan kebijakan presiden serta fokus pada upaya menjalankan konstitusi dan undang-undang.

"Pendidikan juga harus mengedepankan objektivitas, rasionalitas, dan semangat juang untuk menguasai ilmu pengetahuan. Atas pemaparan [Nadiem] bagaimana pendidikan juga membumikan Pancasila sangat menarik dan penuh dengan inovasi dan terobosan," imbuh Hasto.

Pertemuan Mega dengan Nadiem berlangsung di kediaman Mega, Jalan Teuku Umar Nomor 27, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (20/4). Dalam pertemuan itu, turut hadir pula Menkumham Yasonna Laoly, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan Hasto.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyatakan Mega membahas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (PP SNP) saat bertemu dengan Nadiem.

(mts/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK