Anies Hadiri Forum C40 dari Cirebon: Ini Pola Kerja Abad 21

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 03:34 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam forum diksusi internasional kota-kota anggota C40 bersama Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato di forum C40 dari Kota Cirebon, Jawa Barat. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyampaikan pidato dalam forum diskusi internasional kota-kota anggota C40 bersama Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres. Pidato tersebut ia sampaikan dari Cirebon, bukan Jakarta.

"Pidato dalam acara C40 dan Sekjen PBB itu sesungguhnya tidak berlangsung di Jakarta, tapi di Cirebon," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4).

Anies menjelaskan mulanya pada Jumat siang ia berangkat dari Cilacap, perjalanan pulang sesudah acara panen raya. Saat itu, ia memperhitungkan bahwa tidak cukup waktu untuk bisa tiba di Jakarta saat jadwal konferensi tersebut.


Kemudian, kata Anies, tim Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika berangkat ke Cirebon membawa komputer jinjing.

Menurut Anies, mereka memakai ruang meeting di sebuah hotel di dekat alun-alun Kota Cirebon. Lalu ia dan rombongan dari Cilacap tiba di hotel sekitar 30 menit sebelum acara dimulai.

"Langsung siap-siap dan mulai lah partisipasi Jakarta dalam forum global ini," ujarnya.

Menurut Anies hal ini terbilang unik. Sebab pada pagi hari ia berada di sawah, Cilacap, sementara malamnya mengikuti konferensi global di Cirebon dan disiapkan oleh tim kerja dari Jakarta.

"Inilah pola kerja abad 21. Saya ingin tekankan bahwa ini adalah kerja kolektif. Memang benar saya yang berada di depan, berbicara dan menyampaikan gagasan," kata Anies.

"Tapi di balik itu ada tim kerja yang tidak terlihat, mulai dari yang menyiapkan semua perangkat, memastikan jaringan internet lancar, menyiapkan data, melakukan riset, hingga berkoordinasi dengan C40. Kita semua bekerja sebagai sebuah tim, kerja kolektif," ujarnya menambahkan.

Anies menyampaikan dalam kesempatan itu, gagasannya mendapat respons positif dari Sekjen PBB. Bahkan, menurutnya, sepanjang forum malam itu, hanya Jakarta yang mendapatkan respons langsung dari Sekjen dan dengan pesan sekuat itu.

"Jumat tengah malam acara tuntas. Semua kembali ke Jakarta. Ada yang menggunakan mobil dan ada yang pakai kereta dari Cirebon dini hari," tutur Anies.

(dmi/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK