Akun WhatsApp Wagub DKI Diretas, Digunakan untuk Menipu

CNN Indonesia | Selasa, 27/04/2021 14:59 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku akun WhatsApp miliknya diretas, kemudian digunakan untuk melakukan penipuan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku akun WhatsApp miliknya diretas, kemudian digunakan untuk melakukan penipuan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku akun WhatsApp miliknya diretas. Akun WA itu kemudian digunakan untuk melakukan penipuan.

"Dengan hormat kami sampaikan bahwa ponsel kami dengan nomor WA 0816-89**** telah diambilalih oleh pihak lain, dan digunakan untuk penipuan," kata Riza dalam keterangannya, Selasa (27/4).

Riza belum mengetahui siapa peretas akun WA miliknya. Namun, ia mengimbau agar siapapun tidak membalas pesan dari akun WA tersebut.


"Mohon berhati-hati dengan tidak membalas pesan apapun dari nomor WA tersebut. Untuk sementara, saya dapat dihubungi di nomor ajudan," ujarnya.

Ini bukan kali pertama akun WhatsApp pejabat diretas. Beberapa waktu lalu, akun WhatsApp Bupati Kebumen Yazid Mahfudz juga sempat diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, akun WhatsApp milik Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi juga diduga diretas oleh pihak tak bertanggung jawab beberapa waktu belakangan.

Direktur Eksekutif SAFEnet, Damar Juniarto menyebut selama tiga tahun terakhir kondisi hak-hak digital di Indonesia kian memburuk.

Berdasarkan pantauan SAFEnet, terjadi 147 insiden serangan digital sepanjang tahun 2020. Jumlah peretasan mencapai 114 insiden, setelah itu doxing 14 insiden, serangan DdoS 4 insiden, pencurian data pribadi 4 insiden dan impersonasi 3 insiden

(dmi/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK