Amien Rais Resmi Deklarasikan Partai Ummat

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 13:33 WIB
Amien Rais resmi mendeklarasikan Partai Ummat bertepatan pada 17 Ramadan 1442 Hijriah atau Kamis (29/4) hari ini. Politikus Amien Rais. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amien Rais resmi mendeklarasikan Partai Ummat. Pendeklarasian Partai Ummat dilaksanakan bertepatan pada tanggal 17 Ramadan 1442 Hijriah atau Kamis (29/4).

"Atas nama pendiri, pimpinan, kader dan anggota Partai Ummat, pada tanggal 17 Ramadan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi, Bismillahirrahmanirrahim saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," ujar Amien dalam tayangan video di kanal YouTube Amien Rais Official, Kamis (29/4).


Amien mengatakan, Partai Ummat siap bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan di Indonesia.

Menurut Amien, untuk menegakkan kebajikan, memberantas keburukan, menegakkan keadilan, dan melawan kezaliman diperlukan kesabaran, ketekunan, dan ketangguhan.

"Kami abdikan seluruh salat kami, ibadah kami, kehidupan, dan kematian kami, kami persembahkan hanya untuk Allah," ujar dia.

"Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dan kehidupan, sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional," pungkas Amien.

Dalam Partai Ummat, Amien bertindak sebagai Ketua Majelis Syuro. Sementara itu, Menantu Amien Rais yakni Ridho Rahmadi resmi menjadi Ketua Umum Partai Ummat.

Selanjutnya, Ahmad Muhajir Sodruddin ditunjuk menduduki jabatan Sekretaris Jenderal, Benny Suharto ditunjuk menjadi Bendahara Umum, Agung Mozin sebagai Waketum I, Sugeng menjadi Waketum II, serta Chandra Tirta Wijaya sebagai Waketum III.

Amien Rais membentuk Partai Ummat usai berkonflik dengan Zulkifli Hasan di Kongres V PAN, 11 Februari 2020. Kala itu, gerbong Amien Rais yang diwakili Mulfachri gagal memenangkan pemilihan ketua umum.

Setelah kejadian itu, Amien mulai meninggalkan PAN. Dia sempat dikabarkan bakal membuat partai baru bernama PAN Reformasi. Pada 1 Oktober 2020, Amien memperkenalkan Partai Ummat ke publik.

(dmi/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK