Ketua PAN Sebut Partai Ummat Berkah Terselubung

CNN Indonesia | Sabtu, 01/05/2021 03:02 WIB
Menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, jika tidak ada Partai Ummat, kondisi internal partainya bisa bertengkar sendiri. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (CNNIndonesia/Farid Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku senang atas dideklarasikannya Partai Ummat oleh Amien Rais, pada, Kamis (29/4).

Menurut Zulhas, sapaan akrabnya, berdirinya Partai Ummat itu seperti berkah terselubung bagi PAN. Ia pun menyambut baik partai baru tersebut.

"Justru enak. Buat saya blessing in disguise. Saya bahagia, happy, senang," kata Zulhas, di sela acara Jumat Berkah, di Kantor DPD PAN Jatim, Surabaya, Jumat (30/4).


Ia mengatakan, berdirinya Partai Ummat membuat situasi di PAN menjadi lebih kondusif dan tak gaduh karena perbedaan pandangan politik di lingkar internal partai.

"Lah kenapa kok senang? Karena kalau tidak [ada Partai Ummat] kami bisa bertengkar sendiri," ucapnya.

"Bertengkar sendiri, nanti kalau di sini mau seperti ini, sana, ribut lagi. Nanti sana mau seperti itu, sini ribut lagi. Ribut terus kami," tambahnya.

Zulkifli mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat, dia berharap partai baru yang didirikan Amien, yakni salah satu pendiri PAN, dapat menegakkan kebaikan dan memerangi keburukan.

"Ahlan wa sahlan. Namanya, amar ma'ruf nahi munkar," kata dia.

Zulhas di hadapan kader PAN Jatim mengatakan bahwa PAN merupakan partai Islam yang memposisikan lembaganya di tengah. Siapapun disebut boleh masuk di partai ini.

"PAN ini partai Islam tengah, mau NU [Nahdlatul Ulama], Muhammadiyah, kami ini Ahlussunnah wal Jamaah," ucap dia.

PAN, kata dia, juga merupakan partai yang tak menjual simbol-simbol agama, melainkan lebih mengedepankan substansi Islam dalam kerja-kerja politiknya.

"Islam yang mengedepankan substansi, bukan dagang simbol agama. Ada yang bilang PAN politik dagang sapi, mending dagang sapi dari pada dagang agama," ucapnya.

Amien resmi mendeklarasikan Partai Ummat bertepatan pada tanggal 17 Ramadan 1442 Hijriah atau Kamis (29/4).

"Atas nama pendiri, pimpinan, kader dan anggota Partai Ummat, pada tanggal 17 Ramadan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi, Bismillahirrahmanirrahim saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," ujar Amien dalam tayangan video di kanal YouTube Amien Rais Official, Kamis (29/4).

Amien mengatakan, Partai Ummat siap bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan di Indonesia.

Menurut Amien, untuk menegakkan kebajikan, memberantas keburukan, menegakkan keadilan, dan melawan kezaliman diperlukan kesabaran, ketekunan, dan ketangguhan.

"Kami abdikan seluruh salat kami, ibadah kami, kehidupan, dan kematian kami, kami persembahkan hanya untuk Allah," ujar dia.

"Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dan kehidupan, sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional," pungkas Amien.

Dalam Partai Ummat, Amien bertindak sebagai Ketua Majelis Syuro. Sementara itu, Menantu Amien Rais yakni Ridho Rahmadi resmi menjadi Ketua Umum Partai Ummat. 

(frd/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK