Pengurus Masjid di Bekasi Viral Usir Jemaah Bermasker

CNN Indonesia | Minggu, 02/05/2021 22:17 WIB
Kapolsek Medan Satria Bekasi mengatakan usai dapat laporan pengusiran jemaah bermasker, pihaknya langsung mendatangi masjid di Harapan Indah dan memediasi. Ilustrasi masker. (iStockphoto/undefined undefined)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Kota Bekasi, Jawa Barat, kedapatan berupaya mengusir seorang warga yang memakai masker di dalam rumah ibadah tersebut.

Peristiwa pengusiran yang terjadi di dalam masjid itu terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial. 

Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rahmat membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, peristiwa itu terjadi pada Selasa (27/4) lalu.


"Itu betul, begitu ada laporan saya langsung ke sana," kata Agus saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (2/5).

Agus menerangkan pihaknya pun kemudian mencoba melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak baik pengurus masjid, maupun warga yang diusir. Persoalan itupun telah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Setelah salat tarawih dia langsung datang ke polsek, pada saat itu kami mediasi langsung," ujarnya.

Agus mengungkapkan perdebatan mengenai masker di tengah pandemi Covid-19 sendiri bukanlah hal baru. Pada 2020 silam, kata dia, sempat terjadi perdebatan soal pengunaan masker. Namun, saat itu tidak sampai berakhir dengan keributan.

Kala itu, menurut Agus, pihaknya langsung memberikan teguran dan pemahaman kepada Abdurohman selaku pengurus masjid.

"Dia itu punya keyakinan ada hadis bahwa di masjid tidak boleh menggunakan masker seperti itu. Dan, itu setelah kita kasih pemahaman waktu itu sempat ada perubahan, terus ada kejadian kemarin saya kaget juga," tutur Agus.

Rekaman video yang menunjukkan adu argumentasi antara pengurus masjid dengan warga yang bermasker di dalam masjid itu pun menjadi viral di media sosial baru-baru ini.

Penggunaan masker sendiri diketahui sebagai salah satu protokol kesehatan utama pencegahan penularan Covid-19.

Selain masker, demi mencegah tertular atau menularkan virus corona yang telah menjadi pandemi global tersebut, warga pun diimbau mengikuti protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik antarsesama.

(dis/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK