Gempa M 5,7 Guncang Kep Mentawai, Tak Potensi Tsunami

CNN Indonesia
Senin, 03 May 2021 03:13 WIB
Gempa magnitudo 5,7 mengguncang Kep Mentawai pada tengah malam tadi, Senin (3/5) dini hari WIB. Guncangan paling keras dirasakan di Tuapejat yaknis skala IV. Ilustrasi pemantauan gempa bumi. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa magnitudo 5,7 mengguncang Kep Mentawai, Sumatera Barat, pada tengah malam tadi, Senin (3/5) dini hari WIB. Guncangan paling keras dirasakan di Tuapejat, Kab Kep Mentawai, yakni skala MMI IV.

Atas gempa yang terjadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir tak ada peringatan potensi tsunami.

BMKG mencatat episentrum atau titik di permukaan bumi gempa yang terjadi 00.46 WIB itu berada di lautan, sekitar 35 kilometer dari Tuapejat. Hiposentrum atau titik gempa di bawah permukaan bumi itu terdapat pada kedalaman 29 kilometer.


Guncangan gempa itu dirasakan ringan di sejumlah wilayah di Sumatera Barat yakni: Padang (II-III MMI), Bukittinggi (II), Pariaman (II), Payakumbuh (II), Pesisir Selatan (II), Solok (II), hingga Sungai Penuh di Jambi (II).

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," demikian peringatan dari BMKG.

Sejauh ini, hingga berita ini ditulis belum didapati dampak kerusakan dan kemungkinan korban akibat gempa yang terjadi.

Sebelumnya, pada Minggu (2/5) malam, gempa berkekuatan 5,0 terjadi di wilayah barat pulau Sumatra yakni 130 kilometer di tenggara Enggano, Bengkulu. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 130 kilometer pada Minggu pukul 19.07 WIB.

(kid/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER