75 Pegawai KPK Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan ASN

CNN Indonesia | Senin, 03/05/2021 20:26 WIB
Sumber di KPK menyebut sedikitnya 75 pegawai tak lolos tes wawasan kebangsaan yang menjadi syarat alih status sebagai ASN. Puluhan pegawai KPK tak lolos seleksi ASN. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai ke Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"KPK benar telah menerima hasil asesmen wawasan kebangsaan yang diserahkan pihak BKN RI tanggal 27 April 2021," ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (3/5).

Sementara Ali belum menyampaikan perihal nama-nama pegawai yang lolos ataupun tidak. Ia berujar KPK akan mengumumkan secara resmi hasil tes seluruh pegawai tersebut dalam waktu dekat.


"Namun mengenai hasilnya, sejauh ini belum diketahui karena informasi yang kami terima data dimaksud belum diumumkan," kata juru bicara berlatar belakang jaksa ini.

"KPK memastikan akan menyampaikan hasilnya kepada publik dalam waktu dekat dan akan kami informasikan lebih lanjut," sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diterima CNNIndonesia.com, sedikitnya 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan. "Iya [75]," ujar salah satu sumber di KPK.

Dari sumber tersebut juga disampaikan, pegawai yang tak lolos ujian itu terancam diberhentikan bekerja dari lembaga antirasuah.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan pihaknya belum membuka data perihal pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan di BKN.

"Silakan ke Sekjen untuk hal tersebut karena sampai saat ini pimpinan belum membuka hasil tes wawasan kebangsaan. Hasil tes wawasan kebangsaan diterima Sekjen dari BKN tanggal 27 April 2021 dan sampai sekarang belum dibuka," ucap Firli kepada CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis.

(ryn/psp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK